AZZAHRA, ELSA FITRIA (2025) THE INTEGRATION OF CANVA TO SUPPORT STUDENTS’ BEHAVIORAL ENGAGEMENT IN LEARNING ENGLISH: A CLASSROOM ACTION RESEARCH AT A JUNIOR HIGH SCHOOL. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (180kB)
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (66kB)
3. APPROVAL SHEET.pdf
Download (52kB)
4. PERENYATAAN.pdf
Download (56kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (224kB)
6. PREFACE.pdf
Download (122kB)
7. ACKNOWLEDGMENTS.pdf
Download (186kB)
8. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (145kB)
9. CHAPTER 1.pdf
Download (135kB)
10. CHAPTER 2.pdf
Download (146kB)
11. CHAPTER 3.pdf
Download (239kB)
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (260kB)
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (123kB)
14. REFERENCES.pdf
Download (211kB)
15. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Keterlibatan perilaku siswa (behavioral engagement) merupakan aspek penting dalam keberhasilan pembelajaran, namun masih menjadi tantangan dalam proses belajar mengajar di kelas 7 salah satu SMP di Kota Tasikmalaya. Masalah yang ditemukan antara lain siswa tidak fokus, kurang partisipatif dalam diskusi, enggan bertanya, dan sering terlambat atau lalai dalam menyelesaikan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana integrasi Canva sebagai media pembelajaran digital dapat meningkatkan keterlibatan perilaku siswa melalui metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara semi-terstruktur, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif dari Miles et al (2014). Hasil dari observasi menunjukkan peningkatan signifikan pada tiga indikator keterlibatan perilaku: kedisiplinan dan fokus, partisipasi dalam diskusi, serta tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas. Selain itu, hasil dari wawancara juga mengungkapkan bahwa siswa merasa lebih termotivasi, antusias, dan aktif saat menggunakan Canva, terutama karena tampilannya yang menarik dan fitur interaktifnya. Dengan demikian, integrasi Canva dalam pembelajaran Bahasa Inggris terbukti dapat meningkatkan keterlibatan perilaku siswa di kelas 7 dan menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif, kreatif, dan kolaboratif.
Kata kunci: Canva, keterlibatan perilaku, media digita
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 06:38 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 06:38 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1223 |
