STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARDS PEER TUTORING IN CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS CLASS: A CASE STUDY

ASHIFA, NABILA PUTRI (2025) STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARDS PEER TUTORING IN CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS CLASS: A CASE STUDY. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 2. APROVAL SHEET.pdf] Text
2. APROVAL SHEET.pdf

Download (771kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 4. PERSONAL PAGE.pdf] Text
4. PERSONAL PAGE.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 6. PREFACE.pdf] Text
6. PREFACE.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf] Text
7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of 8. TABLE OF CONTENT.pdf] Text
8. TABLE OF CONTENT.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 9. CHAPTER 1.pdf] Text
9. CHAPTER 1.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 10. CHAPTER 2.pdf] Text
10. CHAPTER 2.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 11. CHAPTER 3.pdf] Text
11. CHAPTER 3.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 12. CHAPTER 4.pdf] Text
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[thumbnail of 13. CHAPTER 5.pdf] Text
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[thumbnail of 14. REFERENCES.pdf] Text
14. REFERENCES.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of 15. ENCLOSURE.pdf] Text
15. ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Telah banyak penelitian tentang tutor sebaya mengenai manfaatnya bagi siswa dalam hal pembelajaran bahasa Inggris secara umum. Namun, masih jarang peneliti yang meneliti tentang tutor sebaya pada mata kuliah tertentu dengan segala aspek yang ada di dalamnya. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif case study, penelitian ini berfokus pada tiga mahasiswa di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Siliwangi di Tasikmalaya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap tutor sebaya dalam mata kuliah Critical Discourse Analysis (CDA). Data dikumpulkan dari wawancara semi-terstruktur dan dianalisis menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006) untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap tutor sebaya di kelas CDA. Peneliti mengkategorikan temuan penelitian ke dalam tiga tema, yaitu: 1) Tutor sebaya sangat membantu; 2) Tutor sebaya memberikan fleksibilitas; 3) Meningkatkan prestasi dan motivasi mahasiswa. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa siswa memiliki persepsi yang positif terhadap tutor sebaya di kelas CDA. Oleh karena itu, tutor sebaya dalam CDA direkomendasikan bagi siswa sebagai metode pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas, untuk meningkatkan pengetahuan tentang CDA dan kepercayaan diri siswa.

Kata kunci: persepsi siswa, tutor sebaya, mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:54
Last Modified: 13 Nov 2025 02:54
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1201

Actions (login required)

View Item
View Item