SIDIQ, JAFAR (2025) PERAN GURU PJOK DALAM MENGIMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA ELEMEN GOTONG ROYONG DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN BOGOR. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1.COVER.pdf
Download (82kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (50kB)
3. MOTTO.pdf
Download (96kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (65kB)
5.ABSTRAK.pdf
Download (136kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (69kB)
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (10kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (45kB)
9. BAB 1.pdf
Download (97kB)
10. BAB 2.pdf
Download (202kB)
11. BAB 3.pdf
Download (160kB)
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (116kB)
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (90kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (922kB)
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (74kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) dalam mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada elemen gotong royong, di SMA Negeri se-Kabupaten Bogor. Profil Pelajar Pancasila menjadi pedoman penting dalam pembentukan karakter siswa yang mencakup enam elemen kunci, di antaranya adalah nilai gotong royong yang merupakan aspek penting dalam merangkul kebersamaan dan kerja sama di antara siswa. Melalui pendekatan deskriptif, data telah dikumpulkan menggunakan instrumen yang berisi 38 pernyataan yang diisi oleh 40 responden yang berasal dari berbagai sekolah. Hasil penelitian menunjukkan distribusi responden sebagai berikut: 30% berada pada kategori "Jarang" dengan nilai antara 123 < X ≤ 128, 27,5% pada kategori "Sering" dengan interval nilai 132 < X ≤ 136, 25% pada kategori "Kadang-Kadang" dengan nilai 128 < X ≤ 132, dan hanya 12,5% yang berada pada kategori "Selalu" dengan nilai 136 < X. Temuan ini menunjukkan bahwa implementasi nilai gotong royong oleh guru PJOK masih belum optimal, dengan mayoritas responden merasa bahwa upaya dalam mengintegrasikan nilai-nilai tersebut dalam pembelajaran belum dilakukan secara konsisten. Faktor-faktor penghambat seperti kurangnya pemahaman guru, keterbatasan waktu, fasilitas yang tidak memadai, serta kurangnya pelatihan juga diidentifikasi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk pengembangan strategi pengajaran yang lebih efektif dalam menerapkan nilai gotong royong sehingga dapat berkontribusi pada pembentukan karakter pelajar yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
Kata kunci: Profil Pelajar Pancasila, Gotong Royong, Pendidikan Karakter.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani |
| Depositing User: | dewi dewi dewi |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 02:48 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 02:48 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1199 |
