AHMADI, ALDIMAR FIKRI (2025) EXPLORING PRE-SERVICE TEACHERS' EMOTIONS DURING THE FKIP EDU TEACHING PRACTICUM PROGRAM. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (257kB)
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (725kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (451kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (307kB)
5. PREFACE.pdf
Download (304kB)
6. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (415kB)
7. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (590kB)
8. CHAPTER I.pdf
Download (324kB)
9. CHAPTER II.pdf
Download (333kB)
10. CHAPTER III.pdf
Download (451kB)
11. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (567kB)
12. CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (192kB)
13. REFERENCES.pdf
Download (321kB)
14. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini menyelidiki dan mendeskripsikan bagaimana emosi calon guru dapat mempengaruhi mahasiswa selama praktikum mengajar di FKIP EDU. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana emosi guru pra-jabatan dapat membentuk dan mempengaruhi persepsi, ketahanan, dan kemampuan beradaptasi mereka dalam mengajar selama praktikum. Melalui analisis deskritif studi kasus kualitatif, data dikumpulkan dari wawancara yang dilakukan dengan 5 mahasiswa keguruan. Temuan menunjukkan berbagai emosi yang mempengaruhi mereka, mulai dari kecemasan, stres, kemarahan, kesedihan hingga mengendalikan rasa kesal yang mempengaruhi perencanaan pembelajaran, strategi mengajar, dan manajemen kelas secara signifikan. Para peserta menjelaskan bahwa emosi mereka dapat mempengaruhi pembuatan rencana pembelajaran, strategi pengajaran, dan pengendalian atmosfir kelas. Selain itu, dijelaskan bahwa emosi juga dapat mempengaruhi interaksi mereka baik saat mengajar maupun berinteraksi dengan orang lain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa emosi dapat memberikan pengaruh yang signifikan yang berguna untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengendalian emosi berdasarkan Kecerdasan Emosional dalam konteks pendidikan, dengan kontribusi yang signifikan terhadap praktik mengajar dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL).
Kata kunci: Emosi, Mahasiswa Keguruan, Praktikum Mengajar.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 02:38 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 02:38 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1194 |
