EXPLORING PRE-SERVICE TEACHERS' EMOTIONS DURING THE FKIP EDU TEACHING PRACTICUM PROGRAM

AHMADI, ALDIMAR FIKRI (2025) EXPLORING PRE-SERVICE TEACHERS' EMOTIONS DURING THE FKIP EDU TEACHING PRACTICUM PROGRAM. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 2. APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (725kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 5. PREFACE.pdf] Text
5. PREFACE.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 6. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf] Text
6. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of 7. TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
7. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (590kB)
[thumbnail of 8. CHAPTER I.pdf] Text
8. CHAPTER I.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 9. CHAPTER II.pdf] Text
9. CHAPTER II.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 10. CHAPTER III.pdf] Text
10. CHAPTER III.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 11. CHAPTER IV.pdf] Text
11. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[thumbnail of 12. CHAPTER V.pdf] Text
12. CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[thumbnail of 13. REFERENCES.pdf] Text
13. REFERENCES.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 14. ENCLOSURES.pdf] Text
14. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menyelidiki dan mendeskripsikan bagaimana emosi calon guru dapat mempengaruhi mahasiswa selama praktikum mengajar di FKIP EDU. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana emosi guru pra-jabatan dapat membentuk dan mempengaruhi persepsi, ketahanan, dan kemampuan beradaptasi mereka dalam mengajar selama praktikum. Melalui analisis deskritif studi kasus kualitatif, data dikumpulkan dari wawancara yang dilakukan dengan 5 mahasiswa keguruan. Temuan menunjukkan berbagai emosi yang mempengaruhi mereka, mulai dari kecemasan, stres, kemarahan, kesedihan hingga mengendalikan rasa kesal yang mempengaruhi perencanaan pembelajaran, strategi mengajar, dan manajemen kelas secara signifikan. Para peserta menjelaskan bahwa emosi mereka dapat mempengaruhi pembuatan rencana pembelajaran, strategi pengajaran, dan pengendalian atmosfir kelas. Selain itu, dijelaskan bahwa emosi juga dapat mempengaruhi interaksi mereka baik saat mengajar maupun berinteraksi dengan orang lain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa emosi dapat memberikan pengaruh yang signifikan yang berguna untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengendalian emosi berdasarkan Kecerdasan Emosional dalam konteks pendidikan, dengan kontribusi yang signifikan terhadap praktik mengajar dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL).

Kata kunci: Emosi, Mahasiswa Keguruan, Praktikum Mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:38
Last Modified: 13 Nov 2025 02:38
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1194

Actions (login required)

View Item
View Item