SUPRIADI, UGA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Materi Permasalahan Dinamika Penduduk di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sindangkasih). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (27kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (206kB)
3. PENGUJI.pdf
Download (44kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (62kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (12kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (77kB)
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (89kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (128kB)
9. BAB I.pdf
Download (147kB)
10. BAB II.pdf
Download (167kB)
11. BAB III.pdf
Download (238kB)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (80kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (162kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (85kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi awal, dimana adanya kesulitan dari guru dalam menentukan model pembelajaran yang tepat seringkali membuat guru lebih memilih model konvenional untuk di terapkan dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, masih banyak peserta didik yang tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini bisa di sebabkan oleh kurangnya variasi dalam model pembelajaran yang di gunakan oleh guru. Masalah tersebut juga dapat berdampak pada pengembangan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang belum berkembang dengan baik. Tujuan dilakukanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui tahapan dan pengaruh penerapan model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi permasalahan dinamika penduduk di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan ialah Eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPS SMAN 1 Sindangkasih sebanyak 215 peserta didik. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji gain. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa penerapan model RADEC terdiri dari 5 tahapan yaitu, Read, Answer, Discuss, Explain, Create serta ditemukan pengaruh model RADEC terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas XI IPS SMAN 1 Sindangkasih dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Sehingga model RADEC ini dapat di jadikan alternatif pemilihan model pembelajaran bagi guru karena dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Kata Kunci: Model RADEC, Kemampuan Berpikir Kritis, Permasalahan Dinamika Penduduk
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 02:07 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 02:07 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1129 |
