PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Materi Permasalahan Dinamika Penduduk di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sindangkasih)

SUPRIADI, UGA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Materi Permasalahan Dinamika Penduduk di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sindangkasih). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 3. PENGUJI.pdf] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN.pdf] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 9. BAB I.pdf] Text
9. BAB I.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 10. BAB II.pdf] Text
10. BAB II.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 11. BAB III.pdf] Text
11. BAB III.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 12. BAB IV.pdf] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 13. BAB V.pdf] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 16. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi awal, dimana adanya kesulitan dari guru dalam menentukan model pembelajaran yang tepat seringkali membuat guru lebih memilih model konvenional untuk di terapkan dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, masih banyak peserta didik yang tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini bisa di sebabkan oleh kurangnya variasi dalam model pembelajaran yang di gunakan oleh guru. Masalah tersebut juga dapat berdampak pada pengembangan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang belum berkembang dengan baik. Tujuan dilakukanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui tahapan dan pengaruh penerapan model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi permasalahan dinamika penduduk di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan ialah Eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPS SMAN 1 Sindangkasih sebanyak 215 peserta didik. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji gain. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa penerapan model RADEC terdiri dari 5 tahapan yaitu, Read, Answer, Discuss, Explain, Create serta ditemukan pengaruh model RADEC terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas XI IPS SMAN 1 Sindangkasih dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Sehingga model RADEC ini dapat di jadikan alternatif pemilihan model pembelajaran bagi guru karena dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Kata Kunci: Model RADEC, Kemampuan Berpikir Kritis, Permasalahan Dinamika Penduduk

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 12 Nov 2025 02:07
Last Modified: 12 Nov 2025 02:07
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1129

Actions (login required)

View Item
View Item