SYAHBANI, RIDHA (2025) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MELALUI PLATFORM SETARA DARING PADA WARGA BELAJAR PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C (Studi di PKBM Al Fattah, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 COVER.pdf
Download (259kB)
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (602kB)
04 ABSTRAK.pdf
Download (266kB)
05 KATA PENGANTAR.pdf
Download (165kB)
06 DAFTAR ISI.pdf
Download (205kB)
07 DAFTAR TABEL.pdf
Download (141kB)
08 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (140kB)
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (148kB)
10 BAB 1.pdf
Download (272kB)
11 BAB 2.pdf
Download (394kB)
12 BAB 3.pdf
Download (247kB)
13 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (480kB)
14 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (192kB)
15 DAPUS.pdf
Download (282kB)
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
17 BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (172kB)
Abstract
Media merupakan sarana yang digunakan sebagai perantara untuk penunjang kegiatan pembelajaran sehingga merangsang warga belajar agar dapat berperan aktif. Namun, efektivitas media dalam mendorong partisipasi aktif warga belajar masih dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti keterlibatan tutor, kemandirian belajar, serta akses terhadap teknologi. Platform seTARA Daring merupakan media pembelajaran berbasis digital yang dikembangkan oleh pemerintah untuk mendukung pendidikan kesetaraan, khususnya bagi warga belajar yang tidak dapat mengikuti pembelajaran secara tatap muka. Platform ini menyediakan berbagai fitur pembelajaran, seperti akses materi, kelas virtual, diskusi dengan tutor, serta evaluasi hasil belajar secara daring. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran melalui platform seTARA Daring pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Al-Fattah. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam aspek perencanaan, warga belajar terlibat dalam menentukan tujuan pembelajaran, tetapi peran tutor dalam merancang metode masih terbatas. Pada proses pembelajaran, platform seTARA Daring memberikan fleksibilitas waktu, namun tantangan dalam pengelolaan waktu dan kendala teknis masih dihadapi. Pada aspek evaluasi, pembelajaran daring melalui platform ini berkontribusi terhadap efektivitas belajar, tetapi masih memerlukan peningkatan dalam pelatihan teknis dan akses internet untuk hasil yang lebih optimal.
Kata Kunci: Pengelolaan Pembelajaran, platform seTARA Daring, pendidikan kesetaraan
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
| Depositing User: | dewi dewi dewi |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 06:30 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 06:30 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1103 |
