Setiawan, Shella Putri (2025) STRATEGI PENANGANAN KREDIT BERMASALAH PADA KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) SUBSIDI DI PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN Tbk KANTOR CABANG TASIKMALAYA. Diploma thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (50kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (507kB)
3. LEMBAR ACC REVISI.pdf
Download (703kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN ORSINALITAS.pdf
Download (666kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (152kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (76kB)
7. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf
Download (25kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (43kB)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Download (23kB)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (23kB)
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (23kB)
12. BAB I.pdf
Download (207kB)
13. BAB II.pdf
Download (147kB)
14. BAB III.pdf
Download (126kB)
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (125kB)
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (33kB)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (94kB)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (187kB)
19. BIODATA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (34kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh PT Bank
Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk Kantor Cabang Tasikmalaya
dalam menangani kredit bermasalah pada produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
Subsidi. Kredit bermasalah atau Non-Performing Loan (NPL) pada KPR Subsidi
merupakan tantangan besar, terutama karena program ini ditujukan untuk
membantu masyarakat berpenghasilan rendah memiliki rumah. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa faktor penyebab kredit bermasalah berasal dari kondisi ekonomi debitur
yang tidak stabil, rendahnya literasi keuangan, dan lemahnya proses analisis kredit
awal. Strategi yang digunakan bank dalam penanganan kredit bermasalah antara
lain Rescheduling, Reconditioning, dan Restructuring (3R). Strategi ini
disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan debitur. Namun, dalam
pelaksanaannya, bank menghadapi beberapa kendala seperti keterbatasan SDM
dan sulitnya berkomunikasi dengan debitur yang menunggak. Penelitian ini
merekomendasikan penguatan sistem pemantauan kredit, peningkatan edukasi
keuangan kepada nasabah, serta optimalisasi proses restrukturisasi untuk menjaga
kualitas portofolio KPR Subsidi.
Kata Kunci: Kredit Bermasalah, KPR Subsidi, Strategi Penanganan,
Rescheduling, Restrukturisasi
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Keuangan dan Perbankan (DIII) |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 04:26 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 04:26 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1100 |
