Ariyanti, Vera (2025) PENGARUH MODEL READ ANSWER DISCUSS EXPLAIN CREATE (RADEC) TERHADAP DIMENSI KREATIF DALAM PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF (Studi Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (12kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (50kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (42kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (151kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (65kB)
6. UCAPAN TERIMAKSIH.pdf
Download (72kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (133kB)
8. BAB 1.pdf
Download (97kB)
9. BAB 2.pdf
Download (460kB)
10. BAB 3.pdf
Download (331kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (735kB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (144kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
15. BIODATA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum diterapkannya dimensi kreatif dalam profil pelajar pancasila pada pembelajaran Fisika di SMA Negeri 5 Tasikmalaya. Kreativitas sangat penting dalam memahami konsep melalui proyek atau latihan berpikir kreatif. Sebagai solusi dalam mengatasi hal ini, diterapkan model pembelajaran Read Answer Discuss Explain Create (RADEC) yang berfokus pada keterlibatan aktif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model RADEC terhadap dimensi kreatif dalam profil pelajar pancasila pada materi energi alternatif. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain matching only posttest only control group design. Sampel dipilih secara purposive sampling, yaitu kelas X.10 sebagai kelas kontrol (36 peserta didik) dan kelas X.12 sebagai kelas eksperimen (36 peserta didik). Pengukuran dimensi kreatif dilakukan melalui posttest berbentuk esai yang mencakup 10 soal berdasarkan tiga indikator dimensi kreatif dalam profil pelajar pancasila. Analisis data meliputi validasi ahli, uji coba instrumen, analisis keterlaksanaan model, uji prasyarat, dan uji hipotesis menggunakan uji t (� = 0,05). Hasilnya menunjukan �ℎ����� > ������ yakni 8,4 > 1,67 sehingga �0 ditolak dan �� diterima. Dengan demikian, penerapan model RADEC berpengaruh signifikan terhadap dimensi kreatif dalam profil pelajar pancasila pada materi energi alternatif.
Kata kunci: Dimensi Kreatif, Energi Alternatif, Model Read Answer Discuss Explain Create (RADEC), Profil Pelajar Pancasila.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | dewi dewi dewi |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 04:43 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 04:43 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1067 |
