SAFITRI, SHINDY RACHMAN (2025) PENGARUH GITMIND TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas XI SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
COVER.pdf
Download (213kB)
LEMBAR PENGESAHN.pdf
Download (174kB)
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf
Download (246kB)
ABSTRACT.pdf
Download (299kB)
ABSTRAK.pdf
Download (299kB)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (252kB)
UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (214kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (398kB)
DAFTAR TABEL.pdf
Download (252kB)
DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (257kB)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (254kB)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Download (372kB)
BAB 2 TINJAUAN TEORITIS.pdf
Download (724kB)
BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Download (2MB)
BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (685kB)
BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (291kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (293kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (258kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gitmind terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI SMAN 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2025. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan menggunakan the matching-only posttest-only control group designs. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMAN 2 Tasikmalaya yang berminat dibidang biologi yaitu sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik 228 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga di peroleh dua kelas yang dijadikan sebagai kelas sampel yaitu kelas XI-A3 sebanyak 38 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-C1 sebanyak 38 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan non tes. Tes berupa posttest yaitu pilihan ganda/multiple choice sebanyak 50 pertanyaan mengenai materi sistem ekskresi manusia yang telah divalidasi dan non tes berupa angket sebanyak 30 pernyataan mengenai keterampilan kolaborasi peserta didik yang telah divalidasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t independen dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Ho ditolak dengan signifikansi < 0,05 (0,029 < 0,05) untuk hasil belajar kognitif dan (0,043 < 0,05) untuk keterampilan kolaborasi. Hasil penelitian diperoleh skor rata rata posttest kelas eksperimen sebesar 43,270 dan kelas kontrol sebesar 41,400 untuk hasil belajar kognitif. Skor rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 104,800 dan kelas kontrol sebesar 100,200 untuk keterampilan kolaborasi. Berdasarkan analisis data dan mengujian hipotesis, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Gitmind dalam model discovery learning terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI SMAN 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.
Kata Kunci : Gitmind, discovery learning, hasil belajar kognitif, keterampilan kolaborasi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 03:56 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 03:56 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1002 |
