Muhaemin, Mumu (2023) STRATEGI POLITIK GERINDRA DALAM MENINGKATKAN ELEKTABILITAS SUARA PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2019 DI KABUPATEN CIAMIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.Cover.pdf Download (45kB) |
|
Text
2.Lembar Pengesahan.pdf Download (186kB) |
|
Text
3.Lembar Pernyataan.pdf Download (160kB) |
|
Text
5.Abstract.pdf Download (87kB) |
|
Text
6.Abstrak.pdf Download (87kB) |
|
Text
7.Kata Pengantar.pdf Download (233kB) |
|
Text
8.Daftar Isi.pdf Download (114kB) |
|
Text
9.Daftar Tabel.pdf Download (92kB) |
|
Text
10.Daftar Gambar.pdf Download (93kB) |
|
Text
11.Daftar Lampiran.pdf Download (87kB) |
|
Text
12.Bab I Pendahuluan.pdf Download (217kB) |
|
Text
13.Bab II Tinjauan Pustaka.pdf Download (474kB) |
|
Text
14.Bab III Metode Penelitian.pdf Download (242kB) |
|
Text
15.Bab IV Gambaran Umum Objek Penelitian.pdf Download (1MB) |
|
Text
16.Bab V Strategi Politik Gerindra Untuk Meningkatkan Elektabilitas Suara Pada Pemilu Legislatif Tahun 2019 Di Kabupaten Ciamis.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
|
Text
17.Bab VI Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
Text
18.Daftar Pustaka.pdf Download (276kB) |
|
Text
19.Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Peningkatan elektabilitas yang signifikan terjadi pada Partai Gerindra dalam gelaran Pemilu legislatif tahun 2019 di Kabupaten Ciamis. Partai Gerindra memperoleh suara yang lebih banyak 91% dibanding Pemilu sebelumnya di tahun 2014. Perolehan kursi pun mengalami peningkatan sebanyak 6 kursi dibanding Pemilu 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi politik Gerindra dalam meningkatkan elektabilitas suara pada Pemilu legislatif tahun 2019 di Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori marketing politik dari Adman Nursal yakni 4P yang terdiri dari Product, Place, Price dan Promotion serta marketing politik 3P yang terdiri dari Push Marketing, Pass Marketing dan Pull Marketing. Penelitian ini juga menggunakan teori Segmenting, Targeting dan Positioning dari Firmanzah dan teori strategi politik memperluas pasar dan menembus pasar dari Peter Schroder. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penentuan informan dilakukan dengan purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi, analisis data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Uji validitas data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peningkatan elektabilitas suara Gerindra di Kabupaten Ciamis dipengaruhi oleh tiga faktor yakni Prabowo efek, money politic, dan kultur sosio-religi masyarakat Ciamis..Strategi politik Gerindra terdiri dari 3 strategi utama yakni pemanfaatan figur dan ketokohan (primer), ongkos politik dan politik uang (sekunder), dan peran influencer sebagai penggiring opini pemilih (tersier). Kombinasi antara ketiga strategi inti tersebut menjadi semakin efektif dengan adanya dukungan dari kalangan islam yang cukup kuat dan relevan dengan kondisi sosio-religi masyarakat Jawa Barat khususnya di Kabupaten Ciamis. Kata kunci : Partai Gerindra, Elektabilitas, Strategi Politik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:20 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:20 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9863 |
Actions (login required)
View Item |