YULVIANA, ULVA (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED-LEARNING BERBASIS FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP SISTEM GERAK PADA MANUSIA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (49kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (316kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (328kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (108kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (121kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (187kB) |
|
Text
8. Bab 1.pdf Download (144kB) |
|
Text
9. Bab 2.pdf Download (491kB) |
|
Text
10. Bab 3.pdf Download (597kB) |
|
Text
11. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) |
|
Text
12. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (234kB) |
|
Text
17. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
14. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (946kB) |
|
Text
15. kisi-kisi instrumen.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based�Learning berbasis Flipped Classroom terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada sub konsep sistem gerak pada manusia (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA MA Ansoriyah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Metode penelitian yang digunakan adalah metode true exsperiment dengan menggunakan pretest posttest only control grup design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA MA Ansoriyah tahun ajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan cara cluster random sampling yaitu kelas XI MIPA 2 sebanyak 32 peserta didik dan XI MIPA 3 sebanyak 27 peserta didik MA Ansoriyah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pretest dan soal posttest dengan bentuk essai sebanyak 20 soal. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji t dependen test. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh model problem based learning berbasis flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada sub konsep sistem gerak pada manusia. Pengaruh yang didapatkan signifikan, dapat dilihat dari perolehan data hasil analisis uji t dependent dengan nilai Signifikan 0.000 < 0.05. Kata Kunci: Problem Based Learning, Flipped classroom, berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 07:44 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 07:44 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9797 |
Actions (login required)
View Item |