PURWATI, YULI INDAH (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA RODA PUTAR SEJARAH (ROTASE) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Respon Bangsa Indonesia Terhadap Imperialisme dan Kolonialisme di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (220kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (58kB) |
|
Text
3. PENGUJI.pdf Download (48kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (60kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (278kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (188kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (200kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (320kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (369kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (753kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
Abstract
YULI INDAH PURWATI, 2023. Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar Sejarah (Rotase) Terhadap Minat Belajar Siswa (Kuasi eksperimen Pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Respon Bangsa Indonesia Terhadap Imperialisme dan Kolonialisme di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Minat belajar siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 8 Tasikmalaya terhadap pembelajaran sejarah cukup rendah sehingga perlu diatasi salah satunya dengan penggunaan media roda putar sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media roda putar sejarah (rotase) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah materi respon bangsa Indonesia terhadap imperialisme dan kolonialisme di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket minat belajar sebagai pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji hipotesis dengan uji Mann-Whitney. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media roda putar sejarah (rotase) terhadap minat belajar siswa. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji Mann�Whitney dengan nilai signifikansi 0,001<0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: pembelajaran sejarah, media roda putar, minat belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 06:59 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 06:59 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9746 |
Actions (login required)
View Item |