TRAENI, ISMI (2023) Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Matematika. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (86kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (98kB) |
|
Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (129kB) |
|
Text
05 ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
06 ABSTRACT.pdf Download (63kB) |
|
Text
04 KATA PENGANTAR.pdf Download (42kB) |
|
Text
08 DAFTAR ISI.pdf Download (30kB) |
|
Text
08 DAFTAR TABEL.pdf Download (11kB) |
|
Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (12kB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (15kB) |
|
Text
11 BAB I.pdf Download (103kB) |
|
Text
12 BAB II.pdf Download (386kB) |
|
Text
13 BAB III.pdf Download (92kB) |
|
Text
14 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
15 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
Text
17 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir penalaran analogi dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya berpikir Sternberg. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes penalaran analogi, penyebaran angket gaya berpikir dan wawancara. Instrumen penelitian meliputi soal tes penalaran analogi dan angket gaya berpikir Sternberg. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas IX C dan IX K di SMPN 13 Tasikmalaya yang mengerjakan soal tes penalaran analogi berdasarkan komponen penalaran analogi pada masing-masing gaya berpikir dan mampu berkomunikasi dengan baik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses berpikir penalaran analogi dalam memecahkan masalah matematika diantaranya (1) Peserta didik yang memiliki gaya berpikir legislatif, eksekutif, yudisial, lokal dan internal melalui tahap entry, attack dan review dengan lengkap dan benar. (2) Peserta didik yang memiliki gaya berpikir global melalui tahap entry dan attack dengan lengkap dan benar, tetapi tidak dapat melalui tahap review dengan lengkap dan benar karena pada tahap review tidak dapat membuat simpulan jawaban untuk masalah target. (3) Peserta didik yang memiliki gaya berpikir eksternal tidak dapat melalui tahap entry, attack dan review dengan lengkap dan benar karena pada tahap entry kurang dapat menyusun apa yang diketahui, pada tahap attack memperoleh jawaban yang tidak tepat, dan pada tahap review kurang dapat memeriksa ketepatan perhitungan yang dilakukan dan tidak dapat membuat simpulan jawaban dengan benar. (4) Memperhatikan proses berpikir penalaran analogi dalam memecahkan masalah matematika dari ketujuh gaya berpikir, proses berpikir penalaran analogi dalam memecahkan masalah matematika yang lengkap dan benar adalah gaya berpikir legislatif, eksekutif, yudisial, lokal dan internal. Kata kunci: Proses Berpikir Penalaran Analogi, Gaya Berpikir Sternberg
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 02:44 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 02:44 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9664 |
Actions (login required)
View Item |