PERBEDAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN INQUIRY DAN GUIDED INQUIRY PADA PRAKTIKUM SUBKONSEP SISTEM INDERA PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di kelas XI MIA SMAN 1 Soreang Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

Fadila, Intan (2019) PERBEDAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN INQUIRY DAN GUIDED INQUIRY PADA PRAKTIKUM SUBKONSEP SISTEM INDERA PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di kelas XI MIA SMAN 1 Soreang Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (284kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
10 BAB I LATAR BELAKANG.pdf

Download (33kB)
[img] Text
11 BAB II Landasan Teoretis.pdf

Download (257kB)
[img] Text
12 BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (639kB)
[img] Text
13 BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
14 BAB V Simpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Open Inquiry dan Guided Inquiry pada praktikum subkonsep Sistem Indera pada Manusia di kelas XI MIA SMAN 1 Soreang Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilaksanakan mulai September 2018 s/d Juli 2019 di Kelas XI MIA SMAN 1 Soreang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre experiment. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI MIA SMAN 1 Soreang Kabupaten Bandung tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik 216 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIA 4 dan XI MIA 5 yang diambil dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes keterampilan proses sains peserta didik pada praktikum subkonsep Sistem Indera pada Manusia. Tes tertulis ini berupa soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan keterampilan proses sains peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Open Inquiry dan Guided Inquiry pada praktikum subkonsep Sistem Indera pada Manusia di Kelas XI MIA SMAN 1 Soreang Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 12 Sep 2019 02:03
Last Modified: 12 Sep 2019 02:03
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item View Item