ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING DITINJAU DARI DOMINASI OTAK

RISMAYANTI, RISMAYANTI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING DITINJAU DARI DOMINASI OTAK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (246kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (387kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB)

Abstract

ABSTRAK RISMAYANTI. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Ditinjau dari Dominasi Otak. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking ditinjau dari dominasi otak. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Nurul Ikhlas yang diambil dari kelas IX. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksploratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan berpikir reflektif matematis, angket dominasi otak, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti, soal tes kemampuan berpikir reflektif matematis, angket dominasi otak. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) subjek S-06 dengan dominasi otak kiri mampu mengerjakan semua tahapan kemampuan berpikir reflektif matematis pada tahap reacting mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan serta menjelaskan apa yang diketahui sudah cukup untuk menjawab apa yang ditanyakan, pada tahap elaboration/comparing mampu menjelaskan permasalahan yang didapat dan mengaitkan masalah yang yang ditanyakan dengan masalah yang dihadapi dan pada tahap contemplating mampu menentukan maksud dari permasalahan, mendeteksi kebenaran penentuan jawaban dan membuat suatu kesimpulan. (2) Subjek S-14 dengan dominasi otak kanan mampu mengerjakan 2 tahapan. Pada tahap reacting mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan serta menjelaskan apa yang diketahui sudah cukup untuk menjawab apa yang ditanyakan, tahap elaboration/comparing mampu menjelaskan permasalahan yang didapat dan mengaitkan masalah yang yang ditanyakan dengan masalah yang dihadapi. Kata kunci: Kemampuan berpikir reflektif matematis; Higher Order Thinking; dominasi otak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:34
Last Modified: 11 Apr 2023 03:34
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9052

Actions (login required)

View Item View Item