PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FERA (FOCUS, EXPLORE, REFLECT, AND APPLY) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA DINAMIS (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

RAHMADONA, NISA SITI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FERA (FOCUS, EXPLORE, REFLECT, AND APPLY) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA DINAMIS (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (13kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (155kB)
[img] Text
3. Pernyataan.pdf

Download (12kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (238kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (212kB)
[img] Text
6. Daftar - daftar.pdf

Download (493kB)
[img] Text
7. Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (131kB)
[img] Text
8. Bab 2 Tinjauan Teoretis.pdf

Download (430kB)
[img] Text
9. Bab 3 Prosedur Penelitian.pdf

Download (368kB)
[img] Text
10. Bab 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
11. Bab 5 Saran dan Simpulan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB)

Abstract

ABSTRAK Nisa Siti Rahmadona. 2022. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FERA (FOCUS, EXPLORE, REFLECT, AND APPLY) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA DINAMIS Kurikulum 2013 mengarahkan peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Ketika seseorang pelajar sains tidak hanya dibekali pengetahuan saja, tapi juga dilengkapi berbagai keterampilan yang bersifat interaktif, inspiratif, menarik, menantang, dan mampu meningkatkan kemandirian serta perkembangan fisik juga psikologis peserta didik. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang diperoleh keterangan bahwa peserta didik masih kurang dalam memahami konsep pembelajaran yang dipelajari. Dari penjelasan tersebut maka disusunlah penelitian yang tujuannya untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran FERA (Focus, Explore, Reflect, and Apply) dengan pendekatan scientific terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi Fluida Dinamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Quasi Experimental dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu, sehingga di dapat kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes pilihan ganda 18 butir pada materi fluida dinamis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikasi (

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 28 Mar 2023 04:08
Last Modified: 28 Mar 2023 04:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8989

Actions (login required)

View Item View Item