DEPICTING THE BILINGUALISM OF AN INDONESIAN CHILD: THE INFLUENTIAL FACTORS AND STRATEGIES

KARTIKA, RIKA (2021) DEPICTING THE BILINGUALISM OF AN INDONESIAN CHILD: THE INFLUENTIAL FACTORS AND STRATEGIES. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (121kB)
[img] Text
2. Approval Sheets Rika.pdf

Download (824kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (111kB)
[img] Text
12. CHAPTER 1.pdf

Download (541kB)
[img] Text
13. CHAPTER 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
14. CHAPTER 3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
15. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
16. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
17. REFERENCES.pdf

Download (187kB)

Abstract

ABSTRAK RIKA KARTIKA. 2021. Depicting the Bilingualism of an Indonesian Child: The Influential Factors and Strategies, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Sedikit penelitian yang membahas mengenai perkembangan bahasa pada anak-anak bilingual. Penelitian ini berfokus untuk mendeskripsikan kedwibahasaan yang terjadi pada seorang anak perempuan yang berusia 11 tahun, termasuk faktor dan strategi yang mendukung perkembangan Bahasa nya. Penelitian ini memberikan bukti empiris dan menunjukan pada pembaca terkait pengaplikasian faktor dan strategi sehingga dapat memaksimalkan perkembangan bahasa anak. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi studi kasus. Terdapat dua peserta yang terdiri atas peserta utama dan peserta tambahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi video dan wawancara semi terstruktur lalu dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kedwibahasaan ade merupakan hasil dari perlakuan yang diberikan orangtua untuk mengatasi kondisi special yang ia alami. Terdapat lima faktor yang mendukung kedwibahasaan Ade, diantaranya (1) bahasa rumah yang berpola non-native dan mix-language, (2) banyaknya masukan bahasa yang berbeda, (3) bimbingan dan arahan ibu, (4) pengalaman belajar yang bervariasi, dan (5) sikap positif terhadap berbagai bahasa. Selain daripada itu, terdapat tujuh strategi yang mendukung perkembangan dwibahasa Ade yaitu (1) banyak menonton dan mendengarkan bahasa target, (2) meniru dan mengulang-ulang, (3) strategi berganti kode dan berpindah bahasa, (4) bercerita dan berbicara pada diri sendiri (5) melakukan strategi pemahaman minimum untuk merangsang anak berbicara, dan (6) memberikan dukungan pendidikan dan motivasi. Dengan demikian, faktor dan strategi tersebut mendukung perkembangan bahasa Ade sehingga menjadi seorang anak dwibahasa. Disamping itu, untuk mendapatkan data yang lebih jelas terkait dengan perkembangan bahasa anak, peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian jangka panjang dengan meneliti tonggak perkembangan bahasa anak. Kata kunci: Dwibahasa, anak-anak, faktor dan strategi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:07
Last Modified: 27 Mar 2023 06:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8950

Actions (login required)

View Item View Item