PRATIWI, AURA SYIAMI (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUKAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIPPER SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI EKONOMI ( Quasi Eksperimen pada Materi APBN dan APBD Kelas XI IPS 4 dan XI IPS 5 SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023 ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (212kB) |
|
Text
3. LEMBAR KETERANGAN REVISI.pdf Download (186kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (188kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (124kB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (128kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (136kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (185kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (468kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
|
Text
12, BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
Abstract
ABSTRAK Aura Syiami Pratiwi, 2023. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUKAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIPPER SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI EKONOMI (Quasi Eksperimen pada Materi APBN dan APBD Kelas XI IPS 4 dan XI IPS 5 SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023 ). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Dibawah Bimbingan Hj. Heti Suherti, Dra., M.M dan Raden Roro Suci Nurdianti, M.Pd. Latar belakang penelitian terjadi dikarenakan masih banyaknya hasil belajar peserta didik SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan terkhusus pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang terjadi dari penggunaan model pembelajaran Blended Learning berbantukan media pembelajaran Quipper School terhadap peningkatan kemampuan literasi ekonomi peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Tasikmalaya tahun pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan bentuk Non-equivalent Control Group Desaign. Penelitian ini dilakukan selama 5 minggu yang didalamnya terdapat pelaksanaan Pre-test di minggu ke-1, Post-test di minggu ke-5 untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya di minggu ke�2, minggu ke-3 dan minggu ke-4 dilakukan pelaksanaan pembelajaran di kelas eksperimen yang diberikan treatments dengan menggunakan model pembelajaran Bleanded Learning berbantukan media pembelajaran Quipper School dan model pembelajaran langsung di kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan kondisi yang ada di sekolah sehingga kelas yang dipilih yaitu kelas XI IPS 4 dan XI IPS 5 yang terdiri dari 69 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi ekonomi peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. hasil belajar Dilihat dari nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 87.41 dan nilai N-Gain sebesar 0,71. Berdasarkan perhitungan SPSS V.25. nilai Sig.2-tailed adalah 0.000 < 0.05. Keefektifan model pembelajaran Bleanded Learning berbantukan media pembelajaran Quipper School dari perhitungan effect size diperoleh 0.795 atau 79.5% masuk kategori tinggi. Kata Kunci : Blended Learning, Literasi Ekonomi, Quipper School
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 07:46 |
Last Modified: | 14 Mar 2023 07:46 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8890 |
Actions (login required)
View Item |