ANALISIS BERPIKIR LATERAL DAN KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL

SOFARIAH, NURUL (2019) ANALISIS BERPIKIR LATERAL DAN KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Point 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan berpikir lateral dan kesalahan dalam menyelesaikan soal open ended pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini berupa penelitian kualiatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui soal tes open ended dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu soal open ended dan pedoman wawancara. Sumber data dari kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Sindangkasih dikarenakan kelas tersebut memiliki nilai rata-rata kelas paling rendah dalam PTS semester genap. Pengambilan subjek menggunakan think aloud terhadap 32 peserta didik, pemilihan subjek dilakukan dengan cara purposive. Pertimbangan yang digunakan memenuhi dua pertimbangan yaitu memenuhi aspek berpikir lateral Edward de Bono dan melakukan kesalahan berdasarkan prosedur Newman. Hasil tes soal open ended yang menggunakan think aloud, yang memenuhi dua pertimbangan terdapat 2 subjek. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa (1) Berpikir Lateral pada aspek mengenali ide dominan yang sedang dihadapi menuliskan diketahui, ditanyakan, dan pemisalan secara terinci, pada aspek mencari cara-cara yang berbeda dalam memandang permasalahan mengerjakan menggunakan dua cara, pada aspek keluwesan cara berpikir menggunakan caranya sendiri, pada aspek menggunakan ide-ide acak menggunakan konsep lain. (2) Kesalahan pada tahap membaca mampu mengerti makna dari suatu soal, pada tahap memahami masalah mampu menuliskan diketahui dan ditanyakan dengan lengkap, pada tahap transformasi salah dalam menentukan operasi matematika yang akan digunakan, pada tahap keterampilan proses kurang teliti dalam mengerjakan soal, pada tahap penulisan jawaban hasil yang didapat tidak sesuai. Kata kunci: Berpikir Lateral, Kesalahan, Soal Open Ended

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 12 Sep 2019 01:35
Last Modified: 12 Sep 2019 01:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item