Anisa, Gita Nurul (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII B SMP Islam Bahrul Ulum 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
cover.pdf Download (204kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan Gita Nurul Anisa.pdf Download (201kB) |
|
Text
Gita Nurul Anisa_162121014 Lembar Pernyataan.pdf Download (315kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (189kB) |
|
Text
kata pengantar.pdf Download (313kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (231kB) |
|
Text
bab i.pdf Download (355kB) |
|
Text
bab ii.pdf Download (621kB) |
|
Text
bab iii.pdf Download (444kB) |
|
Text
bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
bab v.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (187kB) |
Abstract
ABSTRAK Gita Nurul Anisa. 2020. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi Teks Eksposisi dan Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VIII B SMP Islam Bahrul Ulum Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi merupakan kompetensi dasar yang harus dicapai peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013. Kenyataannya, peserta didik kelas VIII B SMP Islam Bahrul Ulum tahun ajaran 2019/2020 banyak yang belum mencapai KKM. Karena itulah penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Model Pembelajaran tersebut penulis yakini memiliki ciri khas dalam bentuk diskusi kelompok yang dapat mengatasi permasalahan penelitian ini, yakni berupa kegiatan pembelajaran siswa yang bertanggung jawab serta berperan aktif pada setiap tugas yang pendidik berikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Together meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII B SMP Islam Bahrul Ulum tahun ajaran 2019/2020 dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksposisi serta menyimpulkan isi teks eksposisi. Berdasarkan hasil belajar siklus kesatu pada aspek pengetahuan yang mencapai KKM 7 orang (44%) sedangkan yang belum mencapai KKM 9 orang (56%). Aspek keterampilan siklus kesatu yang mencapai KKM 8 orang (50%) sedangkan yang belum mencapai KKM 8 orang (50%). Siklus kedua, aspek pengetahuan dan keterampilan semua peserta didik yang berjumlah 16 orang berhasil mencapai KKM (100%). Hasil uji normalitas data nilai mengidentifikasi informasi serta menyimpulkan isi teks eksposisi siklus I dan siklus II data berdistribusi tidak normal, sehingga menggunakan uji w yang hasilnya W hitung (0) < W tabel (0,01). Uji w menunjukan hasil belajar pada siklus kedua sebagai tindak lanjut dari siklus kesatu kemampuan hasil belajar peserta didik ada perubahan dan peningkatan hasil belajar. Artinya, model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII B SMP Islam Bahrul Ulum tahun ajaran 2019/2020 dalam mengidentifikasi informasi serta menyimpulkan isi teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 08:11 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 08:11 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8756 |
Actions (login required)
View Item |