Laveda, Raden Grania (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Cikoneng Tahun Ajaran 2021/ 2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (22kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (275kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL.pdf Download (192kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (112kB) |
|
Text
7. BAB II.pdf Download (131kB) |
|
Text
8. BAB III.pdf Download (153kB) |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
Abstract
ABSTRAK Raden Grania Laveda. 2022. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur dan Menyimpulkan Isi Teks Berita Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Cikoneng Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII I SMP Negeri 1 Cikoneng tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil pengolahan data, pada siklus kesatu 3.1 terdapat 24 Peserta didik belum mencapai KKB (77,42%) dan 7 peserta didik sudah mencapai KKB (41,6%). Pada siklus kedua semua peserta didik sudah mencapai KKB. Pada siklus kesatu 4.1 terdapat 19 Peserta didik belum mencapai KKB (61,29%) 12 Peserta didik sudah mencapai KKB (38,71%). Pada siklus kedua semua peserta didik sudah mencapai KKB (100%). Pada siklus kedua untuk KD 3.1 dan 4.1 secara keseluruhan peserta didik sudah mencapai KKB sebanyak 31 peserta didik (100%). Selain dengan persentase, uji statistika juga dapat membuktikan peningkatan hasil belajar peserta didik. Sesuai analisis data yang penulis lakukan, bahwa p-value < 0.05. Dengan demikian, hipotesis tindakan yang penulis ajukan ternyata terbukti kebenarannya yaitu model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII I SMP Negeri 1 Cikoneng tahun ajaran 2021/2022 dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 01:54 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 01:54 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8722 |
Actions (login required)
View Item |