HUBUNGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya)

RAKHMA, ELMIRA AULIA (2022) HUBUNGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER (3).pdf

Download (76kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (162kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

ABSTRAK ELMIRA AULIA RAKHMA. 2022. Hubungan Kecerdasan Intrapersonal dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi (Studi Korelasi di Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Dalam proses pembelajaran seringkali hanya terfokus pada hasil belajar dan kurang memperhatikan proses pencapaian hasil belajar tersebut. Kecerdasan Intrapersonal dan kemandirian belajar merupakan salah satu faktor yang berperan pada proses pencapaian hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan intrapersonal dan kemandirian belajar dengan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Biologi di kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2022-Oktober 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA yang berjumlah delapan kelas dengan total 280 peserta didik. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, dan kelas terpilih X MIPA 6 sebanyak 34 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket kecerdasan intrapersonal sebanyak 19 pernyataan, angket kemandirian belajar sebanyak 20 pernyataan, dan hasil belajar kognitif peserta didik yang diperoleh dari skor Penilaian Akhir Tahun (PAT). Data diolah dengan melakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas sedangkan analisis hipotesis yang digunakan adalah uji korelasi pearson (bivariat) dan uji regresi berganda (multivariat). Hasil penelitian menunjukan bahwa; (i) ada korelasi antara kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar kognitif peserta didik yang termasuk ke dalam kategori sedang, (ii) ada korelasi antara kemandirian belajar dengan hasil belajar kognitif peserta didik yang termasuk ke dalam kategori sedang (iii) ada korelasi antara kecerdasan intrapersonal dan kemandirian belajar dengan hasil belajar kognitif peserta yang termasuk ke dalam kategori sedang. Kata kunci: Kecerdasan Intrapersonal, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Kognitif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 16 Feb 2023 01:00
Last Modified: 16 Feb 2023 01:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8615

Actions (login required)

View Item View Item