PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING BERBANTUKAN MEDIA LECTORA INSPIRE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA NEGERII 1 JATIWARAS (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2018/2019)

YUSTIANA, EKA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING BERBANTUKAN MEDIA LECTORA INSPIRE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA NEGERII 1 JATIWARAS (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (176kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Learning berbantukan media Lectora Inspire dengan yang menggunakan model konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 137 orang dan sampel penelitiannya kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 35 orang. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik Purpossive Sampling. Berdasarkan hasil pengujian normalitas dan homogenitas, diketahui bahwa kedua kelas tersebut memiliki data yang berdistribusi normal dan varian homogen. Dari hasil pengujian paired sample t-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) untuk kedua kelas tesebut memperoleh nilai sebesar 0,000 maka nilai signifikan Sig. (2-tailed) <0,05 maka hipotesis kesatu dan kedua ditolak. Kesimpulannya untuk kelas eksperimen maupun kelas kontrol masing-masing terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sesudah perlakuan pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Learning berbatukan media Lectora Inspire lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Jatiwaras dibandingkan menggnakan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut terbukti dengan diperolehnya nilai mean difference 0,1097 atau meningkat sebesar 11%. Keefektifan dari model pembelajaran Reciprocal Learning berbatukan media Lectora Inspire dibuktikan dengan diperoleh nilai effect size 0,851 atau 85% nilai tersebut berkategori besar. Kata Kunci: Reciprocal Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:44
Last Modified: 10 Sep 2019 03:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/847

Actions (login required)

View Item View Item