PRAYITNO, MU'RODY (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kompetensi Dasar Proses Masuk dan Berkembagnya Agama Islam ke Indonesia di Kelas X IPS 3 SMA Negeri 6 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (445kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (263kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (187kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (367kB) |
|
Text
5. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf Download (365kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR, UCAPAN TERIMAKASIH, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf Download (389kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (397kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (989kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (738kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (295kB) |
Abstract
ABSTRAK Mu'rody Prayitno. 2022. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDK (STUDI KUASI EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KOMPETENSI DASAR PROSES MASUK DAN BERKEMBANGNYA AGAMA ISLAM KE INDONESIA DI KELAS X IPS 3 SMA NEGERI 6 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti, masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas X IPS 3 SMAN Negeri 6 Tasikmalaya dengan jumlah rata-rata sebesar 72,22. Nilai rata-rata tersebut masih berada di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu sebesar 78,00 sehingga perlu adanya pembaruan dibidang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas X IPS 3 SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuasi Eksperimen yang tidak menggunakan penempatan individu secara acak melainkan menggunakan subyek kelompok secara utuh. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, menunjukan adanya peningkatan yang cukup memuaskan terhadap hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hasil tes akhir yang diperoleh pada kelas X IPS 3 (Eksperimen) dengan nilai rata-rata sebesar 85,57 sedangkan kelas X IPS 5 ( Kontrol ) memperoleh nilai rata-rata sebesar 69,18, dengan demikian nilai yang diperoleh kelas X IPS 3 telah melampaui kriteria ketuntasan minimum sebesar 76. Sedangkan kelas X IPS 5 masih belum mampu melampaui kriteria ketuntasan minimum. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann-Whitney T test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa "Hipotesis Diterima". Dengan alasan tersebut peneliti mampu menyimpulkan bahwa pembelajaran sejarah dengan menggunakan model Pembelajaran Problem Baseds Learning mampu dan bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X IPS 3 SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 03:35 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 03:35 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8354 |
Actions (login required)
View Item |