EXPLORING A PRE-SERVICE TEACHER’S SCAFFOLDING IN A TEACHING PRACTICUM: A CASE STUDY

MALIKI, ACENG (2019) EXPLORING A PRE-SERVICE TEACHER’S SCAFFOLDING IN A TEACHING PRACTICUM: A CASE STUDY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER- DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (952kB)
[img] Text
2 BAB I- BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
3 DAFTAR PUSTAKA- BIOGRAFI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian mengenai scaffolding di berbagai ranah dan jenjang pendidikan telah banyak dilakukan dalam kurun satu dekade terakhir, namun sangat jarang yang mengkaji scaffolding dengan penerapannya pada konteks Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) oleh Guru Praktikan. Oleh karena itu, penelitian ini memaparkan teknik-teknik scaffolding yang digunakan oleh seorang guru praktikan dalam membimbing siswa- siswa pada kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini melibatkan Seorang Guru Praktikan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang sedang melakukan kegiatan PLP. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara kemudian dianalisis secara tematik (Braun & Clarke, 2006). Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat tiga teknik scaffolding yang digunakan oleh Guru Praktikan yang terdiri dari Instructing, Explaining, dan Questioning. Kemudian, hasil penelitian pun menunjukkan bahwa teknik scaffolding tersebut dapat mendorong para siswa dalam menyelesaikan tugas dan membangun kemandirian belajar mereka. Penelitian ini memberikan implikasi pedagogis mengenai penerapan scaffolding di tingkat sekolah menengah pertama. Selain itu, perlu adanya penelitian lanjutan untuk mengeksplorasi bagaimana dampak dari scaffolding pada konteks lainnya serta bermacam jenis teknik-teknik scaffolding dari perspektif lainnya. Kata Kunci: Pre-service teacher, Teaching Practicum, Scaffolding Theory

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:19
Last Modified: 10 Sep 2019 03:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/829

Actions (login required)

View Item View Item