AQOBAH, FAUZAN LABIB (2022) ANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS EDITORIAL PADA MEDIA MASSA DARING MEDIA INDONESIA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS EDITORIAL DI SMA KELAS XII. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (48kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (82kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (312kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (96kB) |
|
Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (45kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (111kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (512kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (162kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK FAUZAN LABIB AQOBAH. 2022. Analisis Struktur dan Kebahasaan Teks Editorial pada Media Massa Daring Media Indonesia sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Editorial di SMA Kelas XII. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Mata pelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 revisi merupakan mata pelajaran berbasis teks. Teks, khususnya teks editorial, yang harus diajarkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia hendaknya teks yang memenuhi kriteria bahan ajar. Kenyataan di sekolah-sekolah menunjukkan bahwa bahan ajar teks editorial khususnya dalam buku paket bahasa Indonesia masih terlalu sedikit. Guru harus mencari contoh teks editorial lain untuk menunjang pembelajaran. Namun, tidak selamanya teks editorial cocok diterapkan untuk peserta didik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis berupaya menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial pada media massa daring Media Indonesia yang terbit pada April 2022 untuk melihat apakah teks tersebut cocok jika dijadikan sebagai bahan ajar bagi peserta didik SMA kelas XII atau tidak. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Teknik penelitian yang penulis gunakan yakni wawancara, dokumentasi, dan analisis wacana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teks editorial yang telah dianalisis cocok dijadikan sebagai bahan ajar alternatif bagi peserta didik SMA kelas XII, dilihat dari struktur, kaidah kebahasaan, serta tingkat keterbacaan yang digunakan. Hal ini juga ditunjang dengan hasil validasi dari ketiga validator yang menyatakan bahwa bahan ajar alternatif yang telah penulis susun sesuai baik dari segi isi, penyajian materi, serta bahasa dan tingkat keterbacaannya. Selain itu, penelitian ini juga ditunjang dengan hasil uji coba bahan ajar alternatif di dalam kelas yang hasilnya menunjukkan seluruh nilai peserta didik telah di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 08:07 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 02:56 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8271 |
Actions (login required)
View Item |