PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI SERTA MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

ANISA, ANISA (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI SERTA MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anisa. 2021. Peningkatan Kemampuan Menelaah Unsur-Uunsur Pembangun Teks Puisi serta Menulis Puisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Kurikulum 2013 revisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik kelas VIII yaitu menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi dan menulis puisi. Namun kenyataan di lapangan masih banyak peserta didik yang belum menguasai keterampilan menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi dan menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Talk Write (TTW) meningkatkan kemampuan menelaah unsurunsur pembangun puisi dan menulis puisi pada peserta didik kelas VIII A SMP Muhammadiyah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik yang penulis gunakan yaitu teknik observasi, tenik wawancara, dan teknik tes kepada peserta didik kelas VIII A SMP Muhammadiyah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan data yang telah penulis peroleh, penulis menyatakan bahwa penelitian ini berhasil. Hal ini terbukti karena adanya peningkatan pada hasil belajar peserta didik pada setiap siklus. Pada kompetensi dasar menelaah unsur-unsur pembangun puisi siklus kesatu, peserta didik yang telah mencapai KKM sebanyak 6 orang (37,5%), dan yang belum mencapai KKM sebanyak 10 orang (6,25%). Sedangkan pada siklus kedua semua peserta didik 100% telah mencapai KKM, dan dalam kompetensi dasar menulis puisi siklus kesatu, peserta didik yang telah mencapai KKM sebanyak 7 orang (43,75%), dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 9 orang (56,25%). Sedangkan pada siklus kedua semua peserta didik 100% telah mencapai KKM. Artinya model pembelajran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan menelaah unsur-unsur pembangun puisi dan menulis puisi pada peserta didik kelas VIII A SMP Muhammadiyah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Hal ini membuktikan hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:37
Last Modified: 17 Jan 2023 02:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8161

Actions (login required)

View Item View Item