ANISA, ANISA (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI SERTA MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. DAFTAR GRAFIK.pdf Download (1MB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Anisa. 2021. Peningkatan Kemampuan Menelaah Unsur-Uunsur Pembangun Teks Puisi serta Menulis Puisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Kurikulum 2013 revisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik kelas VIII yaitu menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi dan menulis puisi. Namun kenyataan di lapangan masih banyak peserta didik yang belum menguasai keterampilan menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi dan menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Talk Write (TTW) meningkatkan kemampuan menelaah unsurunsur pembangun puisi dan menulis puisi pada peserta didik kelas VIII A SMP Muhammadiyah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik yang penulis gunakan yaitu teknik observasi, tenik wawancara, dan teknik tes kepada peserta didik kelas VIII A SMP Muhammadiyah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan data yang telah penulis peroleh, penulis menyatakan bahwa penelitian ini berhasil. Hal ini terbukti karena adanya peningkatan pada hasil belajar peserta didik pada setiap siklus. Pada kompetensi dasar menelaah unsur-unsur pembangun puisi siklus kesatu, peserta didik yang telah mencapai KKM sebanyak 6 orang (37,5%), dan yang belum mencapai KKM sebanyak 10 orang (6,25%). Sedangkan pada siklus kedua semua peserta didik 100% telah mencapai KKM, dan dalam kompetensi dasar menulis puisi siklus kesatu, peserta didik yang telah mencapai KKM sebanyak 7 orang (43,75%), dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 9 orang (56,25%). Sedangkan pada siklus kedua semua peserta didik 100% telah mencapai KKM. Artinya model pembelajran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan menelaah unsur-unsur pembangun puisi dan menulis puisi pada peserta didik kelas VIII A SMP Muhammadiyah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Hal ini membuktikan hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 02:37 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 02:37 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8161 |
Actions (login required)
View Item |