ZAHRA, TENI FITRIANI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEMPOA KUADRAN PADA OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
COVAR.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (571kB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (55kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (789kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (800kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK TENI FITRIANI ZAHRA. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Sempoa Kuadran pada Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran sempoa kuadran pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Metode yang digunakan yaitu metode Research & Development dengan model Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan penyebaran kuesioner. Instrumen penelitiannya pedoman wawancara dan kuesioner. Data penelitian bersumber dari dua ahli media, dua ahli materi, 3 siswa kelas VII-E untuk kepentingan uji coba one-to-one, 5 siswa kelas VII-D dan 5 siswa kelas VII-E untuk uji coba kelompok kecil, serta 22 siswa kelas VII-E untuk uji coba kelompok besar. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran manipulatif berbasis konsep aritmatika bernama sempoa kuadran. Proses pengembangan pada tahap analysis disimpulkan bahwa materi yang sulit adalah operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, serta pembelajaran tidak menggunakan media pembelajaran. Tahap design menghasilkan rancangan sempoa kuadran dan petunjuk penggunaannya. Tahap development menghasilkan sempoa kuadran yang sudah dinilai oleh ahli dan melalui uji coba one-to-one. Pada tahap implementation dilakukan uji coba kelompok kecil serta uji coba kelompok besar. Tahap evaluation dilakukan untuk menilai produk berdasarkan kelayakan yang diukur dari kualitas media pembelajaran oleh ahli media, kualitas isi dan tujuan oleh ahli materi, serta kepraktisan media pembelajaran oleh siswa. Pada penilaian kualitas media pembelajaran memperoleh skor 97% dengan kategori sangat layak. Penilaian kualitas isi dan tujuan memperoleh skor 91% dengan kategori sangat layak. Penilaian kepraktisan memperoleh skor 77% dengan kategori layak, sehingga media pembelajaran sempoa kuadran dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, sempoa kuadran, operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 00:33 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 00:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8110 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |