RAMDANI, IYUS (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 UNTUK MENGEKSPLOR PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK PESERTA DIDIK PADA MATERI BILANGAN BULAT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN, SUKET REVISI, LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (744kB) |
![]() |
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
5. BAB I.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
6. BAB II.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
7. BAB III.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
![]() |
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK IYUS RAMDANI. 2022. Pengembangan Multimedia Interaktif berbantuan Adobe Flash Professional CS6 untuk Mengeksplor Pemahaman Konsep Matematik Peserta Didik pada Materi Bilangan Bulat. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbantuan Adobe Flash Professional CS6 untuk mengeksplor pemahaman konsep matematik peserta didik pada materi bilangan bulat yang layak digunakan, serta mengetahui hasil tes pemahaman konsep matematik peserta didik setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berbantuan Adobe Flash Professional CS6. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Hasil tahap Analysis menunjukkan kurangnya pemanfaatan teknnologi informasi dalam pembelajaran serta pemahaman konsep matematik peserta didik pada materi bilangan bulat masih terbilang lemah. Tahap Design menghasilkan draft multimedia interaktif berbantuan Adobe Flash Professional CS6 untuk mengeksplor pemahaman konsep matematik peserta didik pada materi bilangan bulat. Tahap Development menunjukkan hasil bahwa multimedia interaktif berbantuan Adobe Flash Professional CS6 dinyatakan layak oleh tim validator dan menunjukkan respon yang sangat baik dari peserta didik karena semua penilaian validator dan peserta didik berada pada kategori valid dan dapat dipahami. Tahap Implementation dilakukan dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan multimedia interaktif kepada 7 orang peserta didik kelas VII B MTs Yapin Cikubang selama 2 pertemuan, dan pada pertemuan ketiga dilaksanakan tes pemahaman konsep matematik peserta didik. Tahap evaluation dilakukan dengan menganalisis hasil tes pemahaman konsep matematik peserta didik. Pemahaman konsep matematik peserta didik setelah dilakukan pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berbantuan Adobe Flash Professional CS6 untuk mengeksplor pemahaman konsep matematik peserta didik pada materi bilangan bulat menunjukkan hasil sebesar 85,71% (> 85%) peserta didik memperoleh nilai tes pemahaman konsep matematik ≥ 71, artinya pemahaman konsep matematik peserta didik pada materi bilangan bulat berada pada kategori tuntas. Kata kunci: Multimedia Interaktif, Penelitian Pengembangan, ADDIE, Pemahaman Konsep Matematik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 08:01 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 08:01 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8085 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |