PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SKB KUNINGAN

FITRI, SILVIA (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SKB KUNINGAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (92kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (121kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (165kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (186kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)

Abstract

ABSTRAK Silvia Fitri. 2022. “PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SKB KUNINGAN”. Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Pendidikan menjadi wadah untuk melatih kemampuan berpikir kritis seseorang. Namun berdasarkan data Programme for International Student Assesment (PIZA) bahwa kemampuan berpikir kritis di Indonesia masih terlihat rendah. Hal ini ditunjukkan oleh data pada tahun 2015 dengan skor 397 Indonesia menduduki posisi ke-62 dari total peserta 72 negara. Berpikir kritis ialah sebuah keterampilan kognitif yang memungkinkan seseorang untuk menginvestigasi sebuah masalah, situasi, pertanyaan, maupun fenomena untuk bisa membuat penilaian atau keputusan. Motivasi belajar adalah semua daya penggerak yang ada didalam diri siswa yang memunculkan adanya kemauan untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh mengenai motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis warga belajar pendidikan kesetaraan Paket C. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Sasaran dari penelitian ini yaitu warga belajar Paket C SKB Kuningan dengan jumlah sampel sebanyak 79 orang menggunakan rumus Yamane. Adapun teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling. Pengukuran instrumen penelitian menggunakan skala likert. Data penelitian menunjukkan bahwa memenuhi uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji regresi linear sederhana yang mana nilai probabilitas < alpha (0.05) sehingga H0 ditolak. Dengan demikian motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis warga belajar Paket C di SKB Kuningan. Kontribusi besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis warga belajar adalah sebesar 88,7%. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Motivasi Belajar, Warga Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 19 Dec 2022 06:33
Last Modified: 19 Dec 2022 06:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7773

Actions (login required)

View Item View Item