CONSTRUCTING PROFESSIONAL IDENTITY THROUGH EMOTIONS: A NARRATIVE INQUIRY OF AN ENGLISH PRE-SERVICE TEACHER DURING ONLINE TEACHING PRACTICES

ANWARI, M. RIFQI ROMDON (2021) CONSTRUCTING PROFESSIONAL IDENTITY THROUGH EMOTIONS: A NARRATIVE INQUIRY OF AN ENGLISH PRE-SERVICE TEACHER DURING ONLINE TEACHING PRACTICES. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (135kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (76kB)
[img] Text
3. Approval Sheet.pdf

Download (121kB)
[img] Text
4. Preface, Acknowledgements, Table of Contents, List of Tables, List of Enclosures.pdf

Download (255kB)
[img] Text
5. Chapter 1.pdf

Download (85kB)
[img] Text
6. Chapter 2.pdf

Download (167kB)
[img] Text
7. Chapter 3.pdf

Download (174kB)
[img] Text
8. Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
9. Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
10. References.pdf

Download (157kB)

Abstract

ABSTRAK M. RIFQI ROMDON ANWARI. 2021. Constructing Professional Identity through Emotions: A Narrative Inquiry of an English Pre-service Teacher during Online Teaching Practices. Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Dalam kajian identitas seorang guru, pengkajian dibatasi pada bagaimana calon guru membentuk identitasnya sebagai guru dengan melibatkan berbagai emosi dalam praktik pengajarannya. Banyak peneliti yang mengidentifikasi emosi calon guru ini selama program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Namun, dalam mengidentifikasi emosi calon guru selama program PLP yang dilakukan secara daring masih sedikit yang meneliti. Dari fakta tersebut, penelitian ini menyelidiki bagaimana emosi seorang calon guru bahasa Inggris dalam membentuk identitas profesionalnya selama program PLP secara daring. Penelitian ini menguraikan pengalaman seorang calon guru bahasa Inggris secara naratif selama program PLP daring di salah satu sekolah menengah atas di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Data penelitian ini dikumpulkan dari jurnal reflektif calon guru bahasa Inggris dan dianalisis secara kualitatif menggunakan alat analisis naratif (Labov, 1972). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa seorang calon guru bahasa Inggris menemui berbagai emosi yang tampak dalam pembentukan identitas profesionalnya. Ada lima emosi yang dialami olehnya selama program PLP daring: (1) khawatir, (2) tertantang, (3) empati, (4) senang, dan (5) tekad, yang dieksplorasi dalam tujuh aktivitas proses pembentukan profesionalitas. Selama belajar mengajar, calon guru bahasa Inggris dapat mengelola emosi negatifnya (yaitu, khawatir, tertantang, empati) menjadi emosi positif (yaitu, senang, tekad). Oleh karena itu, emosi yang dialaminya selama program PLP daring menunjukkan bahwa identitas profesionalnya mulai terbentuk dalam tujuh aktivitas proses pembentukan profesionalitas. Kata kunci: Identitas Profesional, Emosi Guru, Calon Guru Bahasa Inggris, PLP Daring

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:35
Last Modified: 14 Dec 2022 03:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7634

Actions (login required)

View Item View Item