HUBUNGAN MINAT DAN KEPUASAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MATA PELAJARAN PJOK DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi deskriptif Kuantitatif pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Padakembang Tahun Ajaran 2020/2021)

FATHIR, RIZQI AL (2021) HUBUNGAN MINAT DAN KEPUASAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MATA PELAJARAN PJOK DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi deskriptif Kuantitatif pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Padakembang Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (6kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR,DAFTAR ISI,DAFTAR TABEL.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)

Abstract

ABSTRAK RIZQI AL FATHIR. 2021. Hubungan Minat Dan Kepuasan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Mata Pelajaran PJOK Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Padakembang Tahun Ajaran 2020/2021). Program Studi Pendidikan Jasmani. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Siliwangi. Sejak terjadinya pandemi Covid-19 di Indonesia, menyebabkan banyak perubahan regulasi dari berbagai aspek. Salah satunya dari sistem pendidikan. Untuk membantu dalam penanggulangan pandemi Covid-19 ini pemerintah memberikan kebijakan bagi sistem pendidikan di Indonesia, diantaranya adalah perubahan pembelajaran menjadi jarak jauh atau Daring. Sehubungan dengan hal tersebut, kebiasaan yang sering dilakukan oleh pihak sekolah dalam melakukan kegiatan belajar mengajar pun berubah, begitupun dengan para siswanya. Para siswa dinilai memberikan pengaruh yang besar dalam keberhasilan pembelajaran jarak jauh atau Daring, karena kegiatan Daring ini akan dilaksanakan dirumah masingmasing siswa. Hal tersebut membuat pihak sekolah harus memberikan inovasinya agar para siswa memiliki minat yang tinggi dan merasa puas dengan keberlangsungan pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini. Pada penelitian ini, meneliti mengenai hubungan antara minat dan kepuasan belajar siswa terhadap hasil belajar pembelajaran jarak jauh mata pelajaran PJOK di masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat dan kepuasan belajar siswa terhadap hasil belajar pembelajaran jarak jauh mata pelajaran PJOK di masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif deskriptif, dengan populasi sebanyak 303 orang dari siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padakembang. Adapun teknik sampling yang digunakan yaitu teknik Proportionate Stratified Random Sampling, dengan total sampel 172 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan metode angket dengan memberikan kuesioner berbentuk Google form dan metode observasi dengan melihat dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mata pelajaran PJOK. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar pembelajaran jarak jauh sebesar 94,09%. Kemudian adanya hubungan yang signifikan antara kepuasan belajar siswa terhadap hasil belajar pembelajaran jarak jauh sebesar 94,09%. Selanjutnya, adanya hubungan yang signifikan antara minat dan kepuasan belajar siswa terhadap hasil belajar pembelajaran jarak jauh sebesar 100%. Kesimpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa hipotesa diterima karena dari masing-masing variabel yang di dukung oleh perhitungan determinasi menghasilkan hasil dengan kategori sangat tinggi. Kata Kunci : Minat Belajar, Kepuasan Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:19
Last Modified: 14 Dec 2022 03:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7630

Actions (login required)

View Item View Item