ANALISIS KESALAHAN MENURUT NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GENDER

ADZ-DZIKRI, DZULFIKAR AHMAD (2022) ANALISIS KESALAHAN MENURUT NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GENDER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (6kB)
[img] Text
3. Lembar pengesahan.pdf

Download (44kB)
[img] Text
4. Kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, lembar pernyataan.pdf

Download (200kB)
[img] Text
5. Bab 1.pdf

Download (137kB)
[img] Text
6. Bab 2.pdf

Download (297kB)
[img] Text
7. Bab 3.pdf

Download (125kB)
[img] Text
8. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (73kB)

Abstract

ABSTRAK DZULFIKAR AHMAD ADZ-DZIKRI. 2022. Analisis Kesalahan Menurut Newman Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika menurut Newman berdasarkan gender. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Ibnu Siena Mulia Cikoneng dan Tasikmalaya tahun 2021/2022. Sampel penelitian dipilih secara purposive yang terdiri dari 2 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. Instrumen yang digunakan berupa tes soal matematika materi system persamaan linear tiga variabel (SPLTV) dan wawancara terkait kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal tes. Analisis data yang dilakukan berdasarkan tahapan kesalahan Newman yaitu membaca soal (reading, T1), memahami masalah (comprehension, T2), transformasi (transformation, T3), keterampilan proses (process skill, T4), dan penulisan jawaban akhir (encoding, T5). Hasil penelitian bahwa kesalahan yang dilakukan S18 adalah kesalahan memahami masalah (T2), kesalahan keterampilan proses (T4) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (T5). Kesalahan yang dilakukan S20 adalah kesalahan memahami masalah (T2), kesalahan transformasi (T3), kesalahan keterampilan proses (T4) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (T5). Kesalahan yang dilakukan SP1 adalah kesalahan memahami masalah (T2), kesalahan transformasi (T3), kesalahan keterampilan proses (T4), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (T5). Kesalahan yang dilakukan SP9 adalah kesalahan memahami masalah (T2) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (T5) Kata Kunci: Analisis Kesalahan: Newman; Gender

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 08 Dec 2022 06:04
Last Modified: 08 Dec 2022 06:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7583

Actions (login required)

View Item View Item