OKTAVIANA, TIKA KARTIKA (2022) PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP EKOSISTEM (Studi Eksperimen di Kelas X IPS SMA Al-Furqon Sukabumi Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.COVER.pdf Download (63kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (187kB) |
|
Text
3.LEMBAR PERNYATAAN-.pdf Download (15kB) |
|
Text
4.ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
5.ABSTRACT.pdf Download (124kB) |
|
Text
6.KATA PENGANTAR.pdf Download (62kB) |
|
Text
7.UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (15kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (70kB) |
|
Text
9.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (16kB) |
|
Text
10.DAFTAR TABEL.pdf Download (13kB) |
|
Text
11.DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (60kB) |
|
Text
12.BAB I.pdf Download (111kB) |
|
Text
13.BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (933kB) |
|
Text
14.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
|
Text
15.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
|
Text
16.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
17.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (103kB) |
|
Text
38.DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
Abstract
ABSTRAK TIKA KARTIKA OKTAVIANA. 2022. PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP EKOSISTEM (Studi Eksperimen di Kelas X IPS SMA Al-Furqon Sukabumi Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Metode Outdoor study salah satu metode yang cocok agar peserta didik dapat lebih memahami materi belajar, dari pembelajaran cenderung pasif menjadi aktif dengan belajar bersama lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Outdoor Study terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep ekosistem di kelas X IPS SMA Al-Furqon Sukabumi tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan September 2018 sampai dengan bulan Mei 2021 di SMA Al-Furqon Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh kelas X IPS SMA Al-Furqon Sukabumi. Sampel diambil dengan menggunakan teknik total sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X IPS 1 sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik, digunakan instrumen hasil belajar berupa pilihan majemuk berjumlah 30 butir soal dengan 5 option. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Independent T Test dengan α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,038 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem di kelas X IPS SMA Al-Furqon Sukabumi tahun ajaran 2020/2021. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Belajar, Outdoor Study, IPS
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 08:45 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 08:45 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7327 |
Actions (login required)
View Item |