ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BATIK DEDEN TASIKMALAYA DITINJAU DARI PERSPEKTIF BISNIS ISLAM

Sukardi, Sakha Hanun Kultsum (2022) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BATIK DEDEN TASIKMALAYA DITINJAU DARI PERSPEKTIF BISNIS ISLAM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (46kB)
[img] Text
02. Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
03. Lembar Pengesahan.pdf

Download (287kB)
[img] Text
04. Lembar Pernyataan.pdf

Download (162kB)
[img] Text
05. Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel dan Daftar Gambar.pdf

Download (399kB)
[img] Text
06. BAB I.pdf

Download (799kB)
[img] Text
07. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
08. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
09. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
11. Daftar Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] Text
12. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sakha Hanun K.S., 2022, Analisis Strategi Pengembangan Usaha Batik Deden Tasikmalaya Ditinjau Dari Perspektif Bisnis Islam Perkembangan ekonomi dunia begitu pesat dengan meningkatnya kebutuhan ekonomi manusia akan sandang, pangan dan teknologi, namun ditengah pesat perkembangan ekonomi dunia Perusahaan Batik Deden mengalami penurunan penjualan yang signifikan. Hal tersebut terajdi karena adanya penurunan laba secara berturut-turut dalam waktu dekat dan sulitnya bahan baku menyebabkan peningkatan harga pada bahan baku sehingga tidak menutup kemungkinan harga jual pun meningkat melihat permasalahan tersebut, rumusan masalah pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana analisis strategi pengembangan usaha Batik Deden ditinjau dari perspektif bisnis Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pengembangan usaha yang diterapkan oleh perusahaan Batik Deden jika ditinjau dari perspektif bisnis islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder Teknik pengumpulan data ini berupa wawancara dengan beberapa pegawai Batik Deden, observasi ke lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, teknik penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa strategi pengembangan usaha Batik Deden yaitu dengan memperhatikan tiga point utama yaitu strategi manajemen pemasaran. Ada beberapa strategi manajemen pemasaran yang dilakukan oleh Batik Deden yaitu diantaranya strategi penjualan, strategi pasar, strategi produk dan strategi distribusi. strategi manajemen usaha, pada strategi manajemen usaha Batik Deden menggunkan beberapa strategi diantaranya strategi SDM, strategi efesiensi dan strategi Networking. Dan yang terakhir yaitu strategi manajemen keuangan, dalam strategi manajemen keuangan di Batik Deden belum menggunakan laporan keuangan dan neraca, dan hanya menggunkana buku besar saja.. Batik Deden juga sudah menerapkap beberapa strategi pengembangan usaha dalam perspektif bisnis islam seperti menerapkan kejujuran, bersifat profesional dan menunaikan zakat,infaq serta shadaqah. Jadi, strategi pengembangan usaha yang dilakukan Batik Deden sebagian sudah sesuai dengan teori, namun ada beberapa strategi yang belum dilakukan secara maksimal seperti pada manajemen keuangan Batik Deden. Dan untuk strategi pengembangan usaha dalam perspektif bisnis Islam beberapa strateginya sudah sesuai dengan teori bisnis Islam. Kata Kunci : Strategi, Pengembangan Usaha, Strategi Pengembangan Usaha, Strategi Pengembangan Usaha dalam Prespektif Bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Nov 2022 08:38
Last Modified: 10 Nov 2022 08:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7302

Actions (login required)

View Item View Item