ROMDHONI, SUNDARI NUR (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGH ORDER THINKING SKILLS) PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Madrasah Aliyah Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (47kB) |
|
Text
2. LEMBR PENGESAHAN.pdf Download (214kB) |
|
Text
3. KETERANGAN.pdf Download (201kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (263kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (120kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (317kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (309kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
Abstract
ABSTRAK SUNDARI NUR ROMDHONI (182165112). “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills) Peserta Didik (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Madrasah Aliyah Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Di bawah bimbingan Rendra Gumilar, S.Pd., M.Pd. dan Bakti Widyaningrum, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di Madrasah Aliyah Negeri 6 Tasikmalaya yaitu masih banyaknya peserta didik yang kemampuan berpikirnya rendah, proses belajar pasif akibat diterapkan pembelajaran daring yang diterapkan sebelumnya, serta belum mencapai nilai KKM dengan KKM 70 dengan nilai rata-rata sebesar 68. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills) peserta didik kelas X IPS Madrasah Aliyah Negeri 6 Tasikmalaya pada mata pelajaran ekonomi melalui penerapan model Discovery Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan bentuk The Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan yang didalamnya terdapat Pretest-Posttest untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills) peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model Discovery Learning dan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan waktu dan kondisi yang diberikan oleh sekolah sehingga kelas yang dipilih adalah X IPS 1 dan X IPS 2 yang terdiri dari 45 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills) peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning dan peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model konvensional. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai posttest kelas eksperimen sebesar 86, 24 sedangkan kelas kontrol sebesar 76, 90 dan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0, 53 sedangkan kelas kontrol sebesar 0, 28. Kemudian berdasarkan perhitungan IBM SPSS versi 25 nilai sig.2-tailed. adalah 0, 00 < 0, 05. Kemudian keefektifan model Discovery Learning diketahui dengan perhitungan effect size memperoleh nilai = 0, 622 atau 62% dengan kategori sedang. Kata Kunci: Model Discovery Learning dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 02:42 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 02:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7245 |
Actions (login required)
View Item |