Supriadi, Dian Ramadhan (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENENTUKAN ISI TEKS DESKRIPSI TENTANG OBJEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Banjarsari Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover.pdf Download (222kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (261kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan.pdf Download (274kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (10kB) |
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (293kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (317kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (339kB) |
|
Text
BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
|
Text
BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (185kB) |
Abstract
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENENTUKAN ISI TEKS DESKRIPSI TENTANG OBJEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Banjarsari Tahun Ajaran 2019/2020) Dian Ramadhan Supriadi Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas SiliwangiEmail: ramadhandian660@gmail.com ABSTRAK Mengidentifikasi informasi dan menentukan isi teks deskripsi tentang objek merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VII berdasarkan kurikulum 2013. Meskipun demikian, dalam kenyataannya peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Banjarsari masih banyak yang belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Karena itulah penulis melakukan penelitian berupa pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menentukan isi teks deskripsi tentang objek dengan menggunakan model pembelajaran (CIRC) Cooprative Integrated Reading and Composition. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compoition meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menentukan isi teks deskripsi tentang objek pada peserta didik VII SMP Negeri 1 Banjarsari tahun ajaran 2019/2020.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus kesatu ke siklus kedua, baik dalam proses maupun hasil pembelajaran. Pada proses pembelajaran siklus kesatu terdapat peserta didik yang tidak bersungguh-sungguh, tidak aktif, tidak berpartisipasi, dan tidak bertanggung jawab. Pada siklus kedua semua peserta didik aktif, bersungguh�sungguh, berpartisipasi, dan bertanggung jawab. Hasil pembelajaran pada siklus kesatu untuk aspek pengetahuan terdapat peserta didik yang mencapai KKM 16 orang (53%), sedangkan yang belum mencapai KKM 14 orang (47%). Pada aspek keterampilan peserta didik yang mencapai KKM 17 orang (57%, sedangkan yang belum mencapai KKM 13 orang (43%). Pada siklus kedua pada aspek pengetahuan dan keterampilan semua peserta didik, 31 orang (100%) mencapai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini diterima. Artinya, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menentukan isi teks deskripsi tentang objek pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Banjarsari tahun ajaran 2019/2020. Kata Kunci: COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), Kemampuan Mengidentifikasi Informasi Teks Deskripsi dan Menentukan Isi Teks DeskripsiTentang Objek.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 08:07 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 08:07 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7040 |
Actions (login required)
View Item |