PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 8 KOTA TASIKMALAYA (Penelitian Survei terhadap Siswa Kelas VIII Tahun Pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 8 Kota Tasikmalaya)

FIRDAUS, ZULFIAN (2018) PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 8 KOTA TASIKMALAYA (Penelitian Survei terhadap Siswa Kelas VIII Tahun Pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 8 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (193kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (96kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (215kB)
[img] Text
7. BAB 2.pdf

Download (276kB)
[img] Text
7. BAB 3.pdf

Download (542kB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB)

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini rendahmya hasil belajar siswa SMP Negeri 8 Kota Tasikmalaya di kelas VIII pada mata pelajar IPS. Faktor rendahnya hasil belajar ini dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain kurangnya motivasi dan minat belajar siswa, terlihat dari kurangnya kesiapan siswa dalam belajar, tidak adanya buku cetak sehingga siswa hanya melihat dan mendengar saja dari gurunya. Selain itu, dipengaruhi oleh faktor luar sekolah seperti kurangnya perhatian orang tua terhadap belajar anaknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 8 Kota Tasikmalaya baik secara parsial maupun secara simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey eksplanatori dengan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, dan wawancara. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 342 siswa dan sampel sebanyak 185 siswa dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik proportional sampling. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan regresi linier berganda, determinasi, uji t untuk uji parsial dan uji F untuk uji simultan. Hasil persamaan regresi linier berganda diperoleh Ŷ= 40,059 + 0,158 X1 + 0,577 X2. Besar pengaruhnya (Koefisien Determinasi) sebesar 44,2%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa penguruh motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Kata Kunci: Motivasi, Minat, Belajar, Hasil, Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Sep 2019 01:27
Last Modified: 03 Sep 2019 01:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/686

Actions (login required)

View Item View Item