Afrilia, Reisya (2020) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN (KUPON BERWAKTU) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR- UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS YANG DIBACA (Penelitian Tindakan Kelas pada peserta didik kelas VII SMP IT AL-Faqih Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER, PENGESAHAN, PERNYATAAN, DAFTAR ISI.pdf Download (240kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (188kB) |
|
Text
BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
Text
BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
Abstract
ABSTRAK Reisya Afrilia, 2019. Penerapan Model Kooperatif Tipe Time Token (Kupon Berwaktu) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Dan Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi yang Dibaca Pada Peserta Didik Kelas VII SMP IT AlFaqih Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakulas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi merupakan kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII. Namun, kenyataannya peserta didik kelas VII SMP IT Al-Faqih Manonjaya banyak yang belum mampu menguasai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Time Token meningkatkan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP IT AlFaqih Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan yaitu metode tindakan penelitian kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa pada siklus I KD 3.3, terdapat 8 orang peserta didik (26%) yang belum mencapai KKM dan 23 orang peserta didik (74%) telah mencapai KKM, dan pertemuan kedua KD 4.3, 15 orang peserta didik (48%) belum mencapai KKM dan 16 orang peserta didik (52%) yang sudah mencapai KKM. Siklus II pertemuan pertama KD 3.3, seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM dan pertemuan kedua KD 4.3, seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 80. Data tersebut menunjukan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini terbukti dapat diterima. Artinya model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Al-Faqih Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 08:46 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 08:46 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6799 |
Actions (login required)
View Item |