PENGARUH MINAT DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING (Survey pada peserta didik SMA Negeri 1 Dayeuhluhur tahun ajaran 2021/2022)

Rizki, Ratih Herawati Al (2022) PENGARUH MINAT DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING (Survey pada peserta didik SMA Negeri 1 Dayeuhluhur tahun ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (89kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (656kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)

Abstract

ABSTRAK Ratih Herawati AL Rizki. NPM 172165037 (2021).”Pengaruh Minat dan Kesiapan Belajar terhadap Efektivitas Pembelajran Daring (Survey pada peserta didik SMA Negeri 1 Dayeuhluhur tahun ajaran 2021/2022)”. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan ibu Heti Suherti ,M.M, ibu Astri Srigustini,M.Pd. Masalah yang di bahas dalam penelitian adalah efektitivitas belajar yang menurun selama pembelajaran online. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh minat dan kesiapan belajar terhadap efektivitas pembelajaran daring pada pada peserta didik SMA Negeri 1 Dayeuhluhur tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari kelas XI dan XII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportionate stratified random sampling karena sampel yang di ambil bertingkat yaitu dari kelas XI dan XII dengan populasi sebanyak 449 peserta didik kelas XI dan XII jumlah sempel yang di ambil sebanyak 212 peserta didik yang mewakili setiap kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis regresi berganda.Uji instrument penelitian dengan uji validitas dan reliabilitas, Uji coba intrumen dilakukan pada 153 responden peserta didik kelas X dan di hitung validitas dan reliabilitasnya. Pengolahan data yang di gunakan yaitu uji prasyarat analisis yaitu berupa uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, heterokedastisitas. Analisis statistik pada penelitian ini dengan menggunakan uji regresi linier berganda dan uji koefisien determinan sedangkan uji hipotesis menggunkan uji parsial dan uji simultan dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 22. Berdasarkan hasil uji T yang pertama nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai 17,528 > 1,652 sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar ( terhadap efektifitas belajar (Y). Uji T yang kedua nilai sig. sebesar 0,012 < 0,05 dan nilai 2,520 > 1,652 sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapan belajar ( terhadap efektifitas belajar (Y). Hasil perhitungan dengan uji F di peroleh nilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai 166.657 > 3,04 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar ( dan kesiapan belajar ( terhadap efektivitas belajar ( Y ) . Serta koefisien determinannya sebesar 0,615. Jadi dapat di simpulkan besarnya kontribusi minat belajar dan kesiapan belajar secara bersama – sama terhadap efektivitas belajar sebesar 61,5 % dan sisanya sebesar 38,5 % dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara minat belajar dan kesiapan belajar terhadap efektivitas pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Dayeuhluhur Tahun ajaran 2021/2022. Kata kunci : minat, kesiapan , belajar, efektivitas pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:30
Last Modified: 15 Jul 2022 03:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6384

Actions (login required)

View Item View Item