Setiawati, Mirna (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS CERITA FANTASI SERTA MENGONSTRUKSI TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (26kB) |
|
Text
4 Abstrak Indo.pdf Download (26kB) |
|
Text
2 Lembar Pengesahan.pdf Download (28kB) |
|
Text
5 Kata Pengantar, Daftar Isi Fix.pdf Download (110kB) |
|
Text
6 Bab I LATAR BELAKANG.pdf Download (119kB) |
|
Text
7 BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf Download (271kB) |
|
Text
8 Bab III METODE PENELITIAN.pdf Download (183kB) |
|
Text
9 BAB IV PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (944kB) |
|
Text
10 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
Abstract
ABSTRAK Mirna Setiawati. 2020. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Cerita Fantasi serta Mengonstruksi Teks Cerita Fantasi dengan Menggunakan Metode Jigsaw (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Berdasarkan Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kurikulum 2013 revisi untuk siswa SMP kelas VII salah satu kompetensi dasar dari kompetensi inti, yakni 3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks cerita fantasi yang dibaca dan didengar, 4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk teks cerita fantasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa. Berdasarkan hal tersebut, penulis melaksanakan penelitian berupa pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks cerita fantasi serta mengonstruksi teks cerita fantasi dengan menggunakan metode jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya metode jigsaw meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 dan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya metode jigsaw meningkatkan kemampuan mengonstruksi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara dengan sumber data peserta didik kelas VII H yang berjumlah 32 orang di SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan data statistika terjadi perubahan proses dan hasil belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Hasil belajar pada siklus kesatu dinyatakan kurang berhasil. Pada siklus kesatu menelaah struktur dan kebahasaan teks cerita fantasi terdapat 15 peserta didik (47%) yang belum mencapai KKM, sedangkan dalam mengonstruksi teks cerita fantasi terdapat 18 peserta didik (56%) yang belum mencapai KKM. Pada siklus kedua terjadi perubahan yang signifikan karena semua peserta didik (100%) mencapai KKM bahasa Indonesia untuk kelas VII yaitu 75. Adanya peningkatan perolehan proses dan hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks cerita fantasi serta mengonstruksi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 02:11 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 02:11 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6337 |
Actions (login required)
View Item |