Arudiyah, Siti Sarah (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAN SERTA MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI MA Cilendek Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019-2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover skripsi Sarah.pdf Download (40kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (8kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (190kB) |
|
Text
4. abstrak.pdf Download (8kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (299kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI SARAH.pdf Download (155kB) |
|
Text
BAB I ok.pdf Download (415kB) |
|
Text
BAB II ok.pdf Download (616kB) |
|
Text
BAB III hal 46.pdf Download (282kB) |
|
Text
BAB IV PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (973kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
7. Daftar Pustaka sarah.pdf Download (187kB) |
Abstract
Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas XI di MA Cilendek Tasikmalaya berdasarkan kurikulum 2013 revisi adalah menganalisis dan memproduksi teks eksplanasi. Namun, masih banyak peserta didik yang belum mampu menganalisis dan memproduksi teks eksplanasi dengan benar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) dapat atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI MA Cilendek Tasikmalaya tahun ajaran 2019-2020, (2) dapat atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan kemampuan memproduksi teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI MA Cilendek Tasikmalaya tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang Penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang Penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik kajian dokumen, teknik wawancara, dan teknik tes dengan sumber data Guru bahasa Indonesia kelas XI MA Cilendek dan peserta didik kelas XI MA Cilendek Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran bahasa Indonesia yang ditetapkan di MA Cilendek Tasikmalaya untuk kelas XI adalah 71. Pada aspek pengetahuan di siklus kesatu 8 peserta didik (40%) belum mencapai KKM dan 12 peserta didik (60%) sudah mencapai KKM. Pada aspek keterampilan di siklus keatu terdapat 4 peserta didik (20%) belum mencapai KKM dan 16 peserta didik (80%) sudah mencapai KKM. Pada siklus kedua aspek pengetahuan dan aspek keterampilan 20 peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan menganalisis dan memproduksi teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI MA Cilendek Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 04:17 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 04:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6089 |
Actions (login required)
View Item |