Amellia, Resya (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENULIS TEKS IKLAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL, TEACHING, AND LEARNING (CTL) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII A MTs Persis Cempakawarna Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (70kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (282kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI.pdf Download (221kB) |
|
Text
7 BAB I.pdf Download (524kB) |
|
Text
8 BAB II.pdf Download (487kB) |
|
Text
9 BAB III.pdf Download (335kB) |
|
Text
10 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
Abstract
ABSTRAK Resya Amellia, 2021. Peningkatan Kemampuan Menelaah dan Menulis Teks Iklan dengan Menggunakan Model Contextual, Teaching, and Learning (CTL). Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII A MTs Persis Cempakawarna Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Kota Tasikmalaya. Dilaksanakan penelitian ini karena siswa mendapatkan kendala pada saat menelaah pola penyajian dan penulisan teks iklan. Faktor penyebabnya adalah karena siswa sering kali tidak bisa membedakan pola penyajian, dan tidak memahami kebahasaan teks iklan, untuk mengatasi hal tersebut penulis berencana untuk menjelaskan pola penyajian teks iklan, serta menjelaskan mengenai ciri kebahasaan teks iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran contextual, teaching, and learning (CTL) meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII MTs Persis Cempakawarna dalam pembelajaran menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, dan menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Sumber data penetlitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Persis Cempakawarna tahun ajaran 2021/2022. Pada siklus I pertemuan pertama KD 3.4 terdapat 5 siswa (17%) yang sudah mencapai KKM, dan 26 siswa (83%) yang belum mencapai KKM, pada pertemuan kedua terdapat 10 siswa (33%) yang sudah mencapai KKM, dan 21 siswa (67%) yang belum mencapai KKM. Pada siklus II pertemuan pertama dan kedua KD 3.4 dan KD 4.4 seluruh siswa (100%) telah mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 75. Dengan demikian terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Artinya, hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Model pembelajaran Contextual, Teaching, and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII A MTs Persis Cempakawarna Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 08:45 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 08:45 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5903 |
Actions (login required)
View Item |