Setiawan, Angga Widya (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GRUP INVESTIGASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
0. Cover.pdf Download (170kB) |
|
Text
1. ABSTRAK & Lembar Pengesahan.pdf Download (262kB) |
|
Text
3. bab 1.pdf Download (241kB) |
|
Text
3. bab 1.pdf Download (241kB) |
|
Text
4. bab 2.pdf Download (435kB) |
|
Text
5. bab 3.pdf Download (928kB) |
|
Text
6. bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
7. bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (248kB) |
Abstract
ABSTRAK Angga Widya Setiawan. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Grup Investigasi terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Menceritakan Kembali Teks Ulasan (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik SMP kelas VIII berdasarkan Kurikulum 2013 revisi (Depdiknas dalam Kemendikbud, 2017: 8) yaitu kemampuan mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali teks ulasan. Akan tetapi, kenyataan di sekolah masih banyak peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Tasikmalaya tahun pelajaran 2019/2020 belum memiliki kemampuan mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali teks ulasan. Rumusan masalah penelitian ini antara lain: 1) Berpengaruh secara sigifikankah model pembelajaran Grup Investigasi terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dalam teks ulasan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Tasikmalaya tahun pelajaran 2019/2020? 2) Berpengaruh secara sigifikankah model pembelajaran Grup Investigasi terhadap kemampuan menceritakan kembali teks ulasan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Tasikmalaya tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan pengaruh sigifikan model pembelajaran Grup Investigasi terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dalam teks ulasan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 tahun pelajaran 2019/2020; 2) mendeskripsikan pengaruh sigifikan model pembelajaran Grup Investigasi terhadap kemampuan menceritakan kembali teks pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Tasikmalaya tahun pelajaran 2019/2020. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti kebenarannya dan dapat dipertanggungjawabkan. Berdasarkan uji statistik, menggunakan uji t pada kemampuan mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali teks ulasan diperoleh hasil t hitung = 12,59 > t tabel (0,01) (taraf signifikansi 1%) = 3,551 dan t tabel (0,05) (taraf signifikansi 5%) = 2,021 dan pada kemampuan menginterpretasi makna teks prosedur kompleks t hitung = 4,52 > t (0,01) (taraf signifikansi 1%) = 3,551 dan t tabel (0,05) (taraf signifikansi 5%) = 2,021. Artinya, model pembelajaran Grup Investigasi berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali teks ulasan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Tasikmalaya tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 18 May 2022 02:16 |
Last Modified: | 18 May 2022 02:16 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5748 |
Actions (login required)
View Item |