Proses Berpikir Divergen Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Ditinjau dari Tipe Kepribadian Myer-Briggs

DARDIRI, YUDI HAMDAN (2020) Proses Berpikir Divergen Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Ditinjau dari Tipe Kepribadian Myer-Briggs. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER, PENGESAHAN, KEASLIAN.pdf

Download (246kB)
[img] Text
2. ABSTRAK_yUDI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
3. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR DAN DAFTAR LAMPIRAN_YUDI.pdf

Download (414kB)
[img] Text
4. BAB 1_YUDI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
5. BAB 2_YUDI.pdf

Download (601kB)
[img] Text
6. BAB 3_YUDI.pdf

Download (530kB)
[img] Text
7. BAB 4_YUDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB 5_YUDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_YUDI.pdf

Download (444kB)

Abstract

ABSTRAK YUDI HAMDAN DARDIRI. 2020. Proses Berpikir Divergen Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Ditinjau dari Tipe Kepribadian Myer-Briggs. Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir divergen peserta didik dalam memecahkan masalah matematik ditinjau dari tipe kepribadian Myer Briggs. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode penelitian eksplorasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode think aloud saat peserta didik mengerjakan soal test berpikir divergen. Subjek penelitian penelitian diambil dari peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Talaga tahun ajaran 2019/2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: proses berpikir divergen peserta didik pada aspek elaboration, yang melengkapi ukuran bangun dari gambar permasalahan nomor satu ukuran bangun dengan yaitu peserta didik bertipe ESTJ, ISFJ, ISTP, ISFP, ENFJ, dan ENTP, yang tidak memenuhi aspek elaboration peserta didik dengan tipe kepribadian ESTP, ENFP, INFJ, ESFP, ENTJ, ISTJ dan ENFJ. Aspek flexibility peserta didik yang menghitung luas bangun yang tidak diarsir dengan minimal dua alternatif jawaban adalah peserta didik yang memiliki tipe kepribadian ESTP, ESTJ, ISFP, dan ENTP. Peserta didik yang tidak menghitung luas bangun yang tidak diarsir dengan minimal dua alternatif jawaban yaitu peserta didik dengan tipe kepribadian ENFP, INFJ, ISFJ, ISTP, ESFP, ENTJ, ENFJ, ISTJ, dan ESFJ. Aspek fluency, peserta didik yang membuat dua pertanyaan matematis dari masalah yang disajikan yaitu peserta didik dengan tipe kepribadian ESTP, ESTJ, ENFP, INFJ, ISFJ, ISTP, ISFP, ESFP, ENTJ, ISTJ, ENTP, dan ESFJ. Peserta didik yang tidak membuat dua pertanyaan beserta jawabanya yaitu peserta didik dengan tipe kepribadian ENFJ. Proses berpikir divergen peserta didik pada aspek originality, yang menghitung luas bangun yang tidak diarsir dengan caranya sendiri adalah peserta didik dengan tipe kepribadian ESTJ, ISFJ, ESFP, ENTJ dan ESFJ. Peserta didik yang tidak menghitung luas bangun yang tidak diarsir dengan caranya sendiri yaitu peserta didik dengan tipe kepribadian ESTP, ENFP, INFJ, ISTP, ISFP, ENFJ, ISTJ, dan ENTP. Kata kunci: Berpikir Divergen Matematis, Tipe Kepribadian Myer Briggs

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 28 Apr 2022 04:45
Last Modified: 28 Apr 2022 04:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5667

Actions (login required)

View Item View Item