HADININGRUM, AKHIRIA (2021) THE DEPLOYMENT OF @GURUKUMRD INSTRAGRAM TO INDONESIAN UNDERGRADUATE STUDENTS IN LEARNING ENGLISH VOCABULARY: A CASE STUDY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1-COVER.docx.pdf Download (217kB) |
|
Text
2-APPROVAL SHEET.docx.pdf Download (202kB) |
|
Text
3-APPROVAL SHEET ALL THE EXAMINER.pdf Download (233kB) |
|
Text
4- LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (335kB) |
|
Text
5-PERSONAL PAGE.pdf Download (5kB) |
|
Text
6-ABSTRAK.pdf Download (280kB) |
|
Text
7-ABSTRACT.docx.pdf Download (290kB) |
|
Text
8-PREFACE.pdf Download (181kB) |
|
Text
9-ACKNOWLEDGEMENTS.pdf Download (377kB) |
|
Text
10-TABLE OF CONTENT.pdf Download (188kB) |
|
Text
11-LIST OF TABLES.pdf Download (180kB) |
|
Text
12-LIST OF ENCLOSURES.pdf Download (180kB) |
|
Text
13-CHAPTER 1.pdf Download (316kB) |
|
Text
14-CHAPTER 2.pdf Download (568kB) |
|
Text
15-CHAPTER 3.pdf Download (429kB) |
|
Text
16-CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
|
Text
17-CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
|
Text
18-REFERENCES.pdf Download (442kB) |
Abstract
Dalam satu dekade terakhir, media sosial telah mempengaruhi remaja di seluruh dunia untuk menyadari manfaat gawai untuk memperoleh informasi, hiburan, dan sebagai media untuk belajar. Instagram merupakan salah satu media sosial favorit di kalangan pelajar pada abad ke-21. Dalam penelitian ini, peneliti bermaksud membahas tentang cara mahasiswa S1 di Indonesia memanfaatkan Instagram @gurukumrd dalam pembelajaran kosakata Bahasa Inggris. Studi ini menguraikan studi kasus tentang cara siswa belajar melalui akun @gurukumrd berdasarkan kegiatan pembelajarannya. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dan dianalisis secara kualitatif menggunakan analisis tematik oleh Braun & Clarke (2003). Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 dan 8 jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Siliwangi. Hasil penelitian ini adalah (1) Siswa mencari tahu konten @gurukumrd, (2) Siswa belajar secara otonomi, (3) Siswa memilih materi kosakata dan pengucapan, (4) Siswa belajar dalam waktu singkat melalui @gurukumrd, (5) Menghafal kosa kata, (6) Meniru pengucapan kosa kata, dan (7) Siswa menggunakan kosa kata pada percakapan sehari – hari. Temuan ini menunjukkan bahwa siswa yang belajar kosakata melalui akun Instagram @gurukumrd memperhatikan fleksibilitas waktu, efektivitas, pembelajaran mandiri dan berdasarkan minat siswa. Kata kunci: Pembelajaran Kosa Kata, Pembelajaran Mandiri, Instagram, @gurukumrd
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 03:13 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 03:13 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5569 |
Actions (login required)
View Item |