STUDENTS’ PERCEPTIONS ON LECTURER’S ORAL CORRECTIVE FEEDBACK IN AN EFL PUBLIC SPEAKING CLASS

DEWI, ANITA NOVIANA (2021) STUDENTS’ PERCEPTIONS ON LECTURER’S ORAL CORRECTIVE FEEDBACK IN AN EFL PUBLIC SPEAKING CLASS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (277kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET (1).pdf

Download (234kB)
[img] Text
3. APPROVAL SHEET (2).pdf

Download (241kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (315kB)
[img] Text
7. PREFACE.pdf

Download (263kB)
[img] Text
8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (260kB)
[img] Text
9. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (198kB)
[img] Text
10. TABLES LIST.pdf

Download (114kB)
[img] Text
11. ENCLOSURES LIST.pdf

Download (115kB)
[img] Text
12. CHAPTER 1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
13. CHAPTER 2.pdf

Download (280kB)
[img] Text
14. CHAPTER 3.pdf

Download (219kB)
[img] Text
15. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
16. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
17. REFERENCES.pdf

Download (271kB)

Abstract

ABSTRAK ANITA NOVIANA DEWI, 2021. Persepsi Mahasiswa terhadap Umpan Balik Korektif Lisan dari Dosen dalam Kelas Public Speaking. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Dalam proses pembelajaran bahasa asing seperti bahasa Inggris, kesalahan dapat terjadi pada tuturan mahasiswa khususnya mahasiswa bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Mahasiswa pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing sering kesulitan dalam berbicara karena mereka tidak dapat berbicara bahasa Inggris dengan lancar yang dikaitkan dengan salah pengucapan, kurang memahami tata bahasa dan tidak menguasai kosa kata. Oleh karena itu, umpan balik korektif lisan diperlukan untuk membantu mahasiswa pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam mengoreksi kesalahan yang terjadi baik dalam pengucapannya, tata bahasa dan juga penguasaan kosa kata sehingga kedepannya mereka dapat meminimalisir kesalahan saat menggunakan bahasa Inggris. Penelitian tentang umpan balik korektif lisan memang cukup banyak. Namun, sedikit penelitian yang melaporkan persepsi mahasiswa tentang umpan balik korektif lisan dari dosen kepada mahasiswa pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing di perguruan tinggi. Penelitian ini mencoba untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing di kelas public speaking ketika mereka diberi umpan balik korektif lisan dari dosen mereka. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur dan dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang umpan balik korektif lisan dari dosen adalah positif. Umpan balik korektif lisan dari dosen dapat mempengaruhi kemampuan berbicara mahasiswa dan juga membangkitkan kesadaran mahasiswa dalam berbicara bahasa Inggris. Selain itu penelitian ini jelas menunjukkan bahwa pemberian umpan korektif lisan mempengaruhi emosi mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Pada akhirnya kontribusi dari penelitian ini adalah memberikan informasi kepada dosen, sehingga dosen dapat mengetahui umpan korektif lisan seperti apa yang cocok untuk mahasiswa yaitu umpan korektif lisan yang dapat memotivasi mahasiswa menjadi lebih baik dalam penggunaan bahasa Inggris dan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memberikan umpan korektif lisan kepada mahasiswa. Kata kunci: Umpan Balik Korektif Lisan, Persepsi Siswa, Kelas Asing Bahasa Inggris Berbicara di Depan Umum

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 22 Apr 2022 02:08
Last Modified: 22 Apr 2022 02:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5555

Actions (login required)

View Item View Item