LESTARI, AMELIA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN FLORENCE LITTAUER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (383kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (69kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (297kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (182kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
APPENDIX.pdf Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK Amelia Lestari. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Berdasarkan Tipe Kepribadian Florence Littauer. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik berdasarkan tipe kepribadian Florence Littauer. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian eksploratif untuk mendapatkan subjek penelitian. Teknik pengambilan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif, kuisioner tipe kepribadian Florence Littauer, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang diberikan berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif, kuisioner tipe kepribadian Florence Littauer. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik yang mampu menjawab soal kemampuan berpikir kreatif yang memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran, kelenturan, keaslian, dan elaborasi, pada masing�masing tipe kepribadian berdasarkan hasil kuisioner tipe kepribadian Florence Littauer, dan dapat memberikan informasi dengan lengkap dan jelas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan tipe kepribadian sanguinis (S25S), melankolis (S15M), koleris (S8K), dan phlegmatis (S17P) memenuhi indikator kelancaran (fluency) dengan memberikan beberapa pertanyaan dan alternatif penyelesaiannya. Pada indikator kelenturan (flexibility) masing-masing subjek mampu memberikan lebih dari satu metode penyelesaian dengan tepat. Pada indikator keaslian (originality) masing-masing dari subjek tersebut mampu memberikan penyelesaian permasalahan dengan cara yang baru dan berbeda untuk masing-masing subjek. Pada indikator elaborasi (elaboration) masing-masing subjek dapat menyelesaikan permasalahan dan menemukan solusinya secara terperinci dengan jawaban yang benar. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Tipe Kepribadian Florence Littauer
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 03:07 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 03:07 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5508 |
Actions (login required)
View Item |