Muharomah, Alis (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR (Survei pada Siswa Kelas X, XI dan XII IPS Mata Pelajaran Ekonomi SMA/MA Se-Kecamatan Sukaraja Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (39kB) |
|
Text
05 ABSTRAK (indo english)OK.pdf Download (196kB) |
|
Text
03 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (224kB) |
|
Text
13 BAB 1 OK.pdf Download (305kB) |
|
Text
14 BAB 2 OK.pdf Download (287kB) |
|
Text
15 BAB 3 OK.pdf Download (611kB) |
|
Text
16 BAB 4 OK.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
|
Text
17 BAB 5 OK.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
18 DAPUS OK.pdf Download (205kB) |
Abstract
ABSTRAK Alis Muharomah. 2020. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Efektivitas Pembelajaran dan Implikasinya terhadap Hasil Belajar (Survei pada Siswa Kelas X, XI dan XII IPS Mata Pelajaran Ekonomi SMA/MA se-Kecamatan Sukaraja Tahun Ajaran 2019/2020)”. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Dra. Hj. Heti Suherti, M.M dan Ai Nur Solihat, S.Pd.,M.Pd. Penelitian dilakukan berdasarkan permasalahan yang terjadi yaitu rendahnya hasil belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat motivasi belajar, lingkungan sekolah, efektivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui bagaimana hubungan motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar baik secara langsung maupun tidak langsung melalui efektivitas pembelajaran. Penelitian termasuk dalam penelitian kuantitatif metode survei dengan desain ekspalanatori. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas X, XI, dan XII SMA/MA se-Kecamatan Sukaraja yang berjumlah 231 siswa dan tersebar di empat sekolah, jumlah sampel sebanyak 146 siswa diambil berdasarkan metode proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pembelajaran sebesar 20,2%. Motivasi belajar dan lingkungan Sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar sebesar 42,2%. Efektivitas pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Motivasi belajar dan lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar melalui efektivitas pembelajaran berdasarkan analisis jalur dan sobel test. Kata Kunci: Belajar, Efektivitas, Hasil, Lingkungan, Motivasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 03:06 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 03:06 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5490 |
Actions (login required)
View Item |