DEBORAH, DEBORAH (2022) INDONESIAN STUDENTS’ LEARNING STRATEGIES IN AN EFL SPEAKING CLASSROOM THROUGH DIGITAL STORYTELLING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover.pdf Download (285kB) |
|
Text
Approval Sheet3.pdf Download (502kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (261kB) |
|
Text
Chapter 1 Introduction.pdf Download (212kB) |
|
Text
Chapter 2 Literature Review.pdf Download (313kB) |
|
Text
Chapter 3 Research Procedure.pdf Download (754kB) |
|
Text
Chapter 4 Research Result and Discussion.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
|
Text
Chapter 5 Conclusion and Suggestion.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
References.pdf Download (313kB) |
Abstract
ABSTRAK DEBORAH. 2022. Indonesian Students’ Learning Strategies in an EFL Speaking Classroom Through Digital Storytelling. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penggunaan media teknologi dalam pembelajaran speaking menjadi salah satu teknik yang menarik untuk diterapkan dalam kegiatan belajar, salah satu media- nya adalah video Digital Storytelling. Dalam pembuatannya, video DST melewati beberapa proses yang membuat siswa dapat belajar untuk mengembangkan kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris. Penelitian ini menyelidiki strategi belajar bahasa mahasiswa dalam belajar speaking melalui video DST dimana penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Penelitian ini bersifat kualitatif yang meneliti strategi belajar bahasa (Language learning Strategies) mahasiswa berdasarkan teori Language-Learning Strategies oleh Oxford (1990). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara yang menstimulasi untuk mengingat kembali strategi belajar yang digunakan siswa dengan cara menonton video kegiatan mereka (Bloom, 1953). Data yang ditemukan dalam penelitian ini menunjukan bahwa ada 6 strategi belajar yang digunakan, melalui pembuatan video DST strategi yang digunakan dapat membuat mahasiswa mengembangkan daftar vocabulary baru, lebih kreatif, dan mengurangi rasa gugup saat berbicara dengan teman. Namun, sebagian partisipan menyatakan bahwa untuk belajar Bahasa Inggris terutama dalam speaking skills mereka juga dipengaruhi oleh keadaan sekitar yang terjadi setiap harinya. Kata Kunci: Language Learning Strategies, Digital Storytelling, EFL Speaking Classrooms
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 03:40 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 03:40 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5187 |
Actions (login required)
View Item |